Main Area

Main

Tim Rugby PON Papua Fokus Jalani TC di Jayapura

Tim Rugby Putri PON Papua sedang melakukan Latihan di Jayapura/ Foto : Istimewa

JAYAPURA,Tabukanews.com - Tim Cabang Olahraga (Cabor) Rugby putra dan putri yang dipersiapkan mewakili propinsi Papua pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 kini sedang fokus melakukan pemusatan latihan (Training Centre) yang dipusatkan di Jayapura.

"Training Center sebenarnya sudah dicanangkan oleh KONI propinsi Papua sejak Oktober 2018 lalu namun karena berbagai kendala TC baru resmi mulai sejak 13 Juni lalu termasuk semua cabor yang dipertandingkan di PON XX mendatang. Kami juga sudah tidak ada masalah dengan pemusatan latihan karena kami juga lakukan jauh hari TC berjalan,"tegas Ketua Harian Rugby Propinsi Papua, George Deda,SE melalui sambungan telepon disela sela mengikuti Diskusi Fokus Training Center PON XX yang dilaksanakan di Jayapura, Jumat (13/6) malam.

George mengakui semua yang berkaitan dengan saran pendukung TC dan latihan juga telah dicanangkan oleh Pusat Pelatihan Provinsi (Puslaprov) yang dikomandoi langsung oleh Brigjen TNI Irham Waroihan Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih, dan seluruh offisial dan pemain sudah diterbitkan SK.

"Total cabang yang dipertandingkan pada PON XX mendatang sebanyak 47 cabor dengan total atlet dan offisial berjumlah 1.349 orang termasuk cabang Rugby yang resmi akan memperebutkan medali,"jelas George.

Ia mengakui Pengprov Papua memberikan waktu TC kepada semua cabor termasuk rugby selama 15 bulan lebih.

"Kami Rugby menyisahkan waktu TC selama 15 bulan dengan homebase di Hotel  Mahkota Hamadi dengan tempat latihan di Lapangan Angkatan Laut, Pantai Hamadi dan Kodam XVII Cendrawasih,"jelasnya.

Ditambahkan, untuk seluruh pemain yang resmi memperkuat rugby Papua seluruhnya sudah menjalani TC sehingga kita bisa fokus untuk melatih dan menggemleng mereka untuk target medali emas.

"Kami harus membuktikan bahwa rugby masih Papua yang terbaik. Karena dari pengalaman PON sebelumnya walaupun hanya status eksebisi Rugby Papua mampu tampil sebagai juara,"tegasnya. (tim) 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika