Main Area

pesparawi xiii

Main

Tiga Komisioner KPU Diperiksa Gakumdu Provinsi

Massa Omtob saat berada di kantor KPUD Mimika

TIMIKA – Tabukanews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika Ocepina T Magal bersama dua komisioner lainnya, yakni Luis Rumakewi (divisi sosialisasi) dan Derek Mote (divisi teknis), diperiksa Gakumdu Provinsi Papua, terkait penyelenggaran pilkada di Mimika yang dinilai tidak prosedural.

Pemeriksaan yang dimulai sejak pukul 12.00 Wit hingga pukul 16.30 di kantor Gakumdu Mimika, Kamis (5/4), dilakukan oleh lima anggota Gakumdu Provinsi Papua.

Walau ia tidak menjelaskan secara detail, namun Derek Mote, saat ditemui BeritaMimika menyampaikan hal tersebut. Menurutnya pemeriksaan yang dilakukan sifatnya klarifikasi.

"Iya benar kami tiga orang tadi diperiksa, termasuk ketua. Empat setengah jam kami diperiksa. Sudah selesai sore tadi, jadi kami baru ke kantor lagi," ujarnya singkat di kantor KPU.

Pemeriksaan seharusnya diikuti oleh lima komisioner. Namun hanya tiga anggota yang diperiksa. Dua komisioner lainnya yakni Alfred Petupetu (divisi hukum) dan Reinhard Gobai (divisi logistik) tidak menghadiri pemeriksaan tersebut.

"Kami sudah hubungi mereka dua tetapi hape mereka tidak aktif. Mereka dua juga akan diperiksa tapi karena tidak hadir, kita tidak tahu pasti nanti diperiksa di Jayapura atau di Mimika," tambah Luis Rumakowa.

Masa Omtob Masih Bertahan di KPU

Sementara itu, hingga pukul 19.40 Wit malam ini, puluhan masa pendukung Omtob masih menduduki kantor KPU.

Mereka mulai berada di kantor KPU sejak pagi tadi, guna menangih janji Ketua KPU Ocepina Magal yang telah menyatakan hari ini pihaknya akan melakukan pleno SK baru yang menyertakan pasangan Eltinus Omaleng - Yohanes Rettob (Omtob) dan pasangan Maria Florida Kotorok - Yustus Way (Marinus) sebagai peserta pilkada Mimika 2018.

KPU Mimika harus menerbitkan SK baru karena Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar pada Selasa (27/3) lalu, telah memenangkan gugatan pasangan Eltinus Omaleng dan John Rettob (Omtob) secara keseluruhan dan menolak seluruh esepsi KPU Mimika.

Poin kedua putusan tersebut menyebutkan, pengadilan memerintahkan KPU Mimika membatalkan putusan Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018.

Sementara poin ketiga memerintahkan KPU Mimika mencantumkan pasangan Eltinus Omaleng-Yohanes Rettob (Omtob) sebagai pasangan calon pilkada Mimika 2018 bersama empat pasangan independen.

Awalnya, pleno penetapan SK seharusnya dilakukan Rabu (4/4) kemarin, sesuai batas waktu lima hari. Namun hingga saat ini KPU belum memplenokan SK tersebut.

Ketua KPU Ocepina Magal beralasan, pihaknya belum bisa melakukan pleno karena masih menunggu proses kasasi yang diajukan.

Hal inilah yang mendasari masa Omtob menduduki kantor KPU sejak, Rabu (4/4) hingga malam ini.

Sempat terjadi ketegangan karena pendukung Omtob merasa KPU sengaja mengabaikan perintah pengadilan.

Namun setelah pertemuan dengan tim Omtob yang difasilitasi pihak kepolisian, pada Rabu kemarin, tiga komisoner KPU akhirnya menyepakati akan membuat berita acara dan pleno SK baru, hari ini. (tim)

 

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika