Main Area

Main

Tiga Heli Siap Lakukan Misi Evakuasi Korban

Tiga Heli Siap Lakukan Misi Evakuasi Korban/Foto : Tim

Timika.Tabuka News.com  -  Rencana evakuasi korban pesawat Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi penerbangan PK-CDC yang  ditemukan di wilayah pegunungan Distrik Hoya, Kabupaten Mimika. Akan dievakuasi pada senin (23/9) dengan mengerahkan tiga unit helikopter dan satu pesawat TNI AU.

Lokasi jatuh pesawat milik PT. Carpediem Aviasi Mandiri itu baru ditemukan pada hari kelima pencarian, minggu (22/9) pada titik koordinat koordinat 4 derajat 7’27.11”S/137 derajat 29’18.36”E) atau 44 Nm. Radial 058 derajat dari Timika, berdekatan di Kampung Mamontoga, Distrik Hoya Kabupaten Mimika, dengan memiliki elevasi 13.453 feet. setelah dinyatakan hilang kontak sejak rabu (18/9).

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos, bahwa lokasi jatuhnya pesawat tersebut dengan titik koordinat yang sudah disampaikan dengan elevasi 13.453 feet itu dipastikan tidak ada penduduk karena hutan lebat, bertebing dan sangat terjal.

"Jadi rencana evaluasi besok, Senin (23/9) akan menggunakan 3 helikopter dan dua pesawat. Yakni helikopter jenis SA 315 B lama milik PT Intan, dua heli milik Polri, pesawat jenis CN 235 untuk observasi dan pesawat milik caperdium guna menggangkut Tim Sar ke Ilaga,"ungkapnya.

Dijelaskan juga, bahwa evakuasi akan dimulai dari Ilaga menuju lokasi dengan menurunkan tim SAR berjumlah empat orang untuk mengumpulkan barang-barang atau serpihan yang akan diangkut oleh heli ke titik terdekat, yaitu Kampung Mamontago.

"Jaraknya hanya lima menit dengan heli. Di kampung ini juga kita stanbykan brimob. Setelah evakuasi kita bawah semua ke Timika. Muda-mudahan cuaca besok bagus karena waktu kita tidak lebih dari 2 jam. Kita star mulai pukul 05.30 Wit,” jelasnya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika