Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Tidak Terima Nama Baiknya Dicemarkan, Ketua Lemasko Polisikan Hendrikus Atamame

Timika,TabukaNews.com
Merasa nama baiknya dicemarkan, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gergorius Okoare melaporkan Hendrikus Atamame ke Polres Mimika. Adapun terlapor merupakan mantan anggota Lemasko ke Polres Mimika.

Atas dugaan pencemaran nama baik tersebut, Gergorius didampingi kuasa hukumnya yaitu Alberd Bolang dan rekan serta Eus Berkasa dan rekan melapor ke Polres Mimika, Senin (8/11/2021) dengan nomor surat laporan LP/B/621/XI/2021/SPKT/POLRES MIMIKA/POLDA PAPUA.

Selain Hendrikus Atamame ada pula beberapa nama yang ikut dilaporkan karena terlibat dalam perbuatan  pencemaran nama baik, diantaranya adalah Frans Tumuka, Paulus Yamiro, Yoseph Tumuka, Thomas Amawo, Yanwarius Papita dan Stefanus Nmaipo yang juga dilaporkan ke Polres Mimika.

Gery menjelaskan pencemaran nama baik itu dilakukan pada saat Hendrikus Atamame dan kelompok melakukan aksi demo damai di kantor DPRD Mimika pada 25 Oktober lalu. Dalam demo tersebut Hendrikus mengatakan bahwa Gery terlibat kasus jual beli besi tua dan seharusnya jadi terdakwa.

"Saya kapan didakwakan? Selama hidup saya tidak pernah didakwakan, meja hijau mana? Salah saya dimana? Mana surat dakwaan untuk saya," jelas Gery kepada wartawan di kantornya, Jalan Budi Utomo, Senin (6/11/2021).

Menurut Gery tuduhan berkaitan dengan permasalahan pengelolaan besi tua dari PT Freeport masalahnya sudah sekitar 5 sampai 6 tahun lalu dan terdakwanya itu orang lain. Pihaknya juga sama sekali tidak mengetahui permasalahan itu.

Ia juga sudah mengumpulkan bukti-bukti berupa surat yang dibuat oleh Hendrikus dan rekannya dan juga bukti lainnya. Ia menegaskan bahwa itu adalah fitnah.

"Saya ada bukti-buktinya, kalau saya didakwa pasti saya ada juga suratnya. Hendrikus dan rekannya sudah dipecat dari Lemasko sejak bulan Maret lalu. Sehingga tidak lagi berhak dan kapasitas untuk menceritakan tentang kelembagaan," tuturnya.

Sementara kuasa hukum Gery  Albert Bolang menegaskan bahwa kliennya tidak pernah menjadi terdakwa atas kasus apapun. Untuk itu pihaknya sudah membuat laporan kepada pihak berwenang.

"Kami telah melakukan laporan polisi, kami menunggu tindak lanjut dari kepolisian," tuturnya.

Kemudian Wakil Ketua Lemasko Benediktus Iripiaru mengatakan, pihaknya atas nama lembaga adat mendukung langkah yang dilakukan pak Gery yang melapor dan memberikan tindakan hukum kepada mereka yang melakukan tuduhan yang tidak mendasar.

"Kami masyarakat Kamoro tidak pernah dengar bahwa pak Gery masuk atau sidang hal apapun menyangkut masalah pribadi atau masalah apapun kami tidak pernah dengar," ungkapnya.(Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika