Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Tidak Terima Hasil Penetapan KPU. Oknum Caleg Bersama Massanya Datangi KPU

Kapolres Mimika Saat menyampaikan kepada massa untuk kembali ke rumah masing-masing

 

Timika, Tabukanews.com - Salah satu oknum Caleg DRPD Kabupaten Mimika berinisial JW dari partai PKB bersama massanya mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Senin (13/5). untuk mempertanyakan perolehan suara dirinya yang mengalami penyusutan yang diklaim sebanyak 2.424 dan merupakan Caleg peraih suara terbanyak di dapil V.

Massa yang mendatangi kantor KPU Kabupaten Mimika membawa pamplet yang bertuliskan "Suara jual beli yang harus di menangkan atau suara dari rakyat mutlak yang harus di menangkan generasi kedepan", "Kami tidak tau bahwa ambil keputusan dari ibu ketua PKB Kabupaten Mimika karena suara rakyat jumlahnya 2424 suara ini di kemanakan tolong minta jawaban langsung dari ibu ketua PKB", " kita mencari suara murni 2424 ini di kemanakan".

 

Tujuan kedatangan massa untuk meminta penjelasan dari KPU selaku penyelenggara, Sempat di berikan pemahaman yang baik oleh pihak Kepolisian yang berjaga di kantor KPU, namun tidak diindahkan, selanjutnya Kapolres Mimika yang mendapat informasi di radio beserta personel merespon Ke TKP dan membubarkan massa.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto yang mengetahui kejadian tersebut bersama anggota Polres Mimika merespon ke TKP langsung membubarkan massa dan mengamankan koordinator lapangan aksi demo untuk dimintai keterangan serta mengamankan beberapa pamflet, sedangkan massa lainnya diangkut menggunakan dua unit kendaraan bak terbuka.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto melalui Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Anantha mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari radio bahwa massa yang diperkirakan berjumlah mendatangi kantor KPU untuk mempertanyakan penyusutan suara salah satu caleg dari dapil V serta ketidakpuasan terhadap parpol.

 

Dalam aksi tersebut, pihaknya mengamankan satu orang yang membawa Sajam dan mengamankan satu unit motor Jupiter Z dan membubarkan massa dengan mengantar kembali massa tersebut ke tempat dimana mereka berkumpul

"Jadi pagi selesai apel dan di radio ada ramai bahwa masyarakat kurang lebih 30 orang hadir dan melakukan unjuk rasa di depan kantor KPU tanpa ada pemberitahuan," kata I Gusti.

Ia juga mengungkapkan, Kapolres juga menegaskan dalam melakukan aksi tersebut sudah harus menyampaikan ijin keramaian kepada pihak kepolisian tiga hari sebelum dilakukan aksi demo, namun apabila tidak diijinkan maka warga yang hendak melakukan aksi demo harus mematuhi surat pemberitahuan.

"Jelas Kapolres sudah sampaikan 3 hari sebelum demo sudah harus masukkan ijin, apabila tidak ada ijin maka tidak diijinkan," ungkapnya. (Jrl).

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika