Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Tidak Mau Direlokasi, Mama-mama Pedagang Datang Sampaikan Aspirasi ke DPRD

Timika,TabukaNews.com - Mama-mama pedagang eks pasar lama yang berlokasi disepanjang jalan Bhayangkara akhirnya datang dan menyampaikan aspirasi ke DPRD Mimika, Senin (20/7).

Aspirasi yang diterima langsung oleh sejumlah anggota DPRD Mimika ini berkaitan dengan kesepakatan mama-mama pedagang yang tetap memilih tidak mau direlokasikan ke Pasar Sentral.

"Mama-mama datang ketemu anggota DPRD ini untuk sampaikan keluhan selama ini. Selama berjualan mama-mama selalu dapat masalah dengan Satpol PP, dimana setiap kali datang jualan selalu dibubarkan oleh Satpol PP," ungkap Nis Murib selaku koordinator dihadapkan sejumlah anggota DPRD Mimika.

Kata Nis, apabila direlokasikan ke Pasar Sentral hasil jualan disana tidak sebanding dengan hasil jualan selama berjualan di eks pasar lama.

"Kalau jualan di pasar lama itu kita bisa dapat uang 500 sampai 800 ribu, tapi kalau berjualan di Pasar Sentral hasilnya tidak dapat banyak. Malahan nanti habis ditransportasi,kadang ini buat kami menangis. Jadi kami tidak mau pindah,kami tetap berjualan di pasar lama,"katanya.

Hal lain disampaikan oleh Delik Pigay, yakni meminta kepada pedagang masyarakat pendatang jangan berjualan pinang dan daun gatal.

"Mereka sudah halang-halangi kami, karena jualan pinang sama daun gatal itu kami mama-mama papua ini yang jualan duluan.Saya juga mau kasih tahu kalau pedagang pendatang yang masih berjualan disana itu karena mereka sudah bayar uang Rp 15 juta ke Satpol PP," ungkapnya.

Ia menilai seolah-olah mama-mama pedagang ini semacam bola, yang ditendang kesana kemari.

"Kami merasa ketidakadilan kenapa kami dipaksa untuk pindah dan berjualan di Pasar Baru, dan kenapa pedagang pendatang tidak. Kami berjualan dilokasi itu sudah lama sekali dan itu demi keluarga kami. Pokoknya kami tetap pertahankan pasar lama itu dan tidak mau pindah," ujar Delik.

Anggota DPRD Mimika, Elminus Mom seusai mendengar dan menerima aspirasi, menyampaikan bahwa pihaknya tidak bisa langsung mengambil keputusan, tapi akan berkoordinasi dengan pemerintah Daerah dalam hal ini Disperindag.

"Hal ini sudah pernah kami sampaikan kedinas terkait tapi sampai saat ini belum ada jawaban," ungkapnya.

Hal yang sama pula disampaikan Julian Salosa,bahwa aspirasi ini akan bahas kembali karena tidak bisa langsung dijawab.

"Ini akan kami bahas dan dorong ke pemerintah," ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika