Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Tertibkan "Mahasiswa Liar", Pemda Mimika Tidak Lagi Terima Proposal

Timika,TabukaNews.com - Guna memaksimalkan anggaran untuk pembiayaan mahasiswa, Pemda Mimika akan melakukan penertiban "mahasiswa liar" yang selama ini menerima anggaran tersebut.

Kabag SDM Setda Mimika Martinus Nuboba saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan SP 3, Kamis (19/8) mengatakan, bahwa pihaknya sedang melakukan validasi data,  sehingga penerima bantuan betul-betul mahasiswa yang berasal dari Timika, bukan dari kabupaten lain. 

"Ini yang kita akan lakukan, dan juga akan duduk bersama dengan YPMAK untuk pendataan jumlah mahasiswa," tuturnya. 

Senada dengan itu, 986 Sekda Mimika Michael Gomar saat ditemui wartawan di Kantor Bappeda, Kamis (19/8) mengatakan, hingga kini Pemda Mimika membiayai 986 mahasiswa aktif yang tersebar di 302 perguruan tinggi maupun universitas. Dijelaskan pula,  bahwa kedepannya Pemda Mimika tidak lagi menerima proposal dari mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun universitas.

"Kita akan lakukan perekrutan mahasiswa sesuai dengan jurusan di masing-masing perguruan tinggi yang sudah MoU dengan kita. Jadi mahasiswa tidak bisa ajukan proposal kepada kita," tuturnya. 

Dijelaskan, bahwa selama ini Bagian SDM Setda Mimika menerima proposal dari mahasiswa yang sudah terlanjur menempuh pendidikan di universitas 

"Intinya kita akan melakukan seleksi penerimaan mahasiswa yang mengutamakan anak asli Amungme dan Kamoro," paparnya. 

Sekedar informasi, dana bantuan Pemda Mimika melalui SDM Setda Mimika pernah mengeluarkan anggaran untuk membiayai 1000 mahasiswa yang bukan berasal dari Kabupaten Mimika. Hal ini terjadi lantaran data mahasiswa yang tidak jelas. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika