Main Area

pesparawi xiii

Main

Tembakau Sintetis Jenis Golden Barong Mulai Beredar di Timika

Tembakau Sintetis Jenis Golden Barong Mulai Beredar di Timika/ Foto : tim

 

Timika, TabukaNews.Com-Tembakau sintetis jenis Golden Barong kini mulai beredar di kota Timika. Hal ini dibuktikan dengan dimusnahkan sembilan bungkusan kecil tembakau sintetis jenis golden barong sebanyak 34,4 gram di halaman Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika, Senin (2/3).

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar oleh Satresnarkoba Polres Mimika bersama perwakilan BNNK Mimika dan perwakilan Kejaksaan Negeri Mimika.

Mewakili Kepala BNNK Mimika, Hidayah Ajeng Aryanti selaku penyuluh BNNK Mimika, menerangkan bahwa tembakau sintetis jenis golden barong itu diamankan pihak BNNK Mimika dari tangan pelaku S di Jalan Pendidikan tanggal 15 Februari.

"S ini masih dibawah umur, berusia 17 tahun. S ini tidak diproses, karena jenis ini belum masuk dalam lampiran permenkes atau belum masuk dalam UU narkotika.Nanti kita usulkan untuk dimasukan dalam lampiran Permenkes. Memang S sempat diamankan selama satu minggu di BNNK Mimika,"terangnya.

Disampaikannya bahwa terkait kasus ini dan melalui hasil uji lab itu positif  mengandung MDMM 4EN Kinaca , yang mana unsur kimianya merupakan sintetik yang menyebabkan halusinasi.

"Jadi modusnya itu mereka pesan secara online lewat instagram, kemudian dikirim dari Jakarta. Kita curigai sudah banyak beredar di Timika. Mereka beli 50 gram seharga Rp1 juta yang kemudian dijual perbungkus seharga Rp3 ratus ribu,"ungkapnya.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika