Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

TD Terbang Layang Resmi Umumkan Peraih Medali

Timika, TabukaNews.com - Technical Delegate Cabang Olahraga (Cabor) Terbang Layang PON XX Papua, Kolonel Prasetyo Herminto akhirnya secara resmi mengumumkan peraih medali nomor Precision Landing single seater putra Kelas Schweizer SGS 1-26.

Padahal, pemenang pada nomor ini telah diketahui pada Minggu (26/9), usai dipertandingkan di Lanud Yohanis Kapiyauw, Kabupaten Mimika.

Pengumuman ini akhirnya disampaikan Kolonel Prasetyo pada jumpa pers di Media Center PON Klaster Mimika, Selasa (28/9/2021).

Ia menyebutkan, untuk nomor tersebut medali emas diraih oleh Andri Abdul Rohman dengan total nilai akhir 2444,13.

Medali perak diraih Camar Fasida dari Jawa Timur dengan total nilai akhir 2440.95 sementara perunggu diraih Ghazi Satriando, H.J dari DKI Jakarta dengan total nilai akhir 2435,80.

Dia menjelaskan olahraga terbang layang adalah olahraga kedirgantaraan aerosport yaitu  olahraga dengan menggunakan pesawat glider. 

“Tipe glider yang  dipertandingkan di sini adalah Glider Schweizer SGS 1-26 dan Glider Schweizer SGU 2-22. Keduanya merupakan buatan Amerika,” ujarnya.

Dikatakan pesawat Glider Schweizer SGS 126 merupakan pesawat tidak bermesin atau disebut single seater. 

Glider bisa terbang karena ditarik oleh pesawat penarik dan dilepaskan di ketinggian 1000 feet atau sekitra 500 meter. 

“Jadi dia akan melayang kemudian landing,” ujarnya.

Dijelaskan Kolonel Prasetyo, Terbang layang bukan sembarang olahraga karena harus dilakukan oleh mereka yang sudah profesional.

"Karena tidak ada mesin di situ jadi atletnya sudah harus betul-betul professional. Seperti tadi itu juga hujan mereka masih di atas, dan ketika mendarat, mereka masuk landasan dengan selamat," ujarnya. 

Ia juga menyebutkan nomor-nomor lomba pada cabor ini yang terdiri atas kelas perorangan putera, kelas beregu putera, nomor puteri perorangan dan nomor campuran puteri serta nomor.

Kelas perorangan putra terbagi atas, Precision Landing Kelas Schweizer SGS 1-26, Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 dan Duration Flight Kelas Schweizer SGS 1-2. 

Kelas beregu putra ada dua yakni Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 dan Duration Flight  Kelas Schweizer SGU 2-22.

Nomor putri perorangan terbagi atas Precision Landing Kelas Schweizer SGS 1-26, Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22, Duration  Flight Kelas Schweizer SGS  1-26 damDuration  Flight Kelas Schweizer SGU 2-22.

Sementara nomor campuran putra putri terdiri dari Mix Double Precision Landing Kelas Schweizer SGU  2-22 dan Mix Double Duration Flight Kelas Schweizer SGU  2-22.

"Cabor terbang layang ini memperebutkan  12 medali emas, 12 medali perak dan 12 medali perunggu. Jadi total medali yang diperebutkan sebanyak 36, sementara ada 48 medali yang tersedia yakni dari 16 keping medali emas, 16 medali perak dan 16 medali perunggu,” imbuhnya. (Humas PPM)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika