Main Area

Main

Tatib Dan Fraksi DPRD Mimika Resmi Ditetapkan

Suasana Rapat Paripurna : Foto: Tim/Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika melakukan rapat paripurna penyusunan Tata tertib (Tatib) dan pembentukan keanggotaan Fraksi-Fraksi resmi ditetapkan melalui Rapat Paripurna Penetapan Tatib  DPRD Mimika Periode 2019-2024 dan Penetapan Keanggotaan Fraksi-Fraksi DPRD Mimika Periode 2019-2024 yang berlangsung di ruang rapat Paripurna kantor DPRD Mimika, Kamis (28/11).

Rancangan SK Pimpinan DPRD tentang Tatib  DPRD Mimika periode 2019-2024 disetujui oleh seluruh anggota dewan sehingga ditetapkan, pertama Fraksi Golkar diketuai oleh  Mariunus Tandiseno. Wakil Ketua Rizal Patabang, Bendahara Mery Pongutan yang beranggotakan Robby Kaminel Omaleng, Iwan Anwar, Anton Bukaleng dan Aser Murib. Selanjutnya, fraksi Nasdem diketuai oleh Anthon Phali sebagai ketua, Wakil Ketua Novian Kulla, Herman sebagai Sekretaris yang beranggotakan Daud Bunga, Yustina Timang dan Aleks Tsenawatme.

Sementara itu fraksi PDIP diketuai oleh Karel Gwijangge, Sekretaris Julian Salosa yang beranggotakan Thobias Albert Maturbongs, Sasiel Abugau dan Yohanes Feliks Helyanan. Kemudian untuk fraksi Gerindra diketuai oleh Muhamad Nurmas S Karopukaru, Sekretaris Den Ben Hagabal dan beranggotakan Elminus B Mom, Tansil Ashari dan Parjono.

Fraksi PKB diketuai oleh Miler Kogoya, Wakil Ketua Nathaniel Murib, Sekretaris, Amandus Gwijangge beranggotakan Matius Uwe Yanengga dan Saleh Alhamid. dan fraksi Mimika Bangkit diketuai oleh Leonardus Kocu, Wakil Ketua Ancelina Beanal, Sekretarus, Reddy Wijaya dan beranggotakan Aloisius Paerong, Martinus Walilo, Luter Wakerkwa dan Samuel Bunai.

Ketua sementara DPRD Mimika, Iwan Anwar dalam sambutannya menyampaikan bahwa penetapan Tatib dan keanggotaan Fraksi-fraksi ini mengacu pada surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI nomor 160/8946/SZ perihal penjelasan pelaksanaan tugas pimpinan sementara DPRD sesuai pasal 34 ayat 3 (Tiga) peraturan pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2018 tentang pedomaan penyusunan Tatib DPR Provinsi, Kabupaten/Kota yang menjelaskan tugas pimpinan sementara yakni memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi pembentukan rancangan DPRD tentang Tatib, dan pemilihan ketua definitif.

Ia menjelaskan, memperhatikan amanat Undang-Undang RI, maka pimpinan sementara DPRD Mimika segera menyusun Tatib DPRD Mimika untuk pedoman pelaksanaan tugas selama lima tahun ke depan. Sekaligus membentuk fraksi-fraksi DPRD dengan perdomaan pada PP nomor 12 tahun 2018, aesuai dengan ketentuan pasal 128 ayat dua (2), PP nomor 12 tahun 2018 menyatakan bahwa DPR Kabupaten/Kota harus mengkonsultasikan rancangan peraturan DPR Kabupaten/ Kota tentang Tatib DPRD kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat sehingga disampaikan kepada saudara Sekwan agar memfasilitasi anggota DPRD Mimika sehingga berkonsultasi kepada Gubernur untuk menyempurnakan Tatib DPRD dimaksud.

Karena itu, untuk mengoptimalkan fungsi serta tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD, makan dibentuklah fraksi sebagai wadah berhimpunnya anggota DPRD. Setiap anggota DPRD, wajib menjadia nggota salah satu fraksi dan fraksi yang dibentuk bersifat tetap selama masa keanggotaan DPRD.

Berhubung telah ditetapkannya keanggotaan fraksi-fraksi DPRD sehingga perlu diketahui tentang tugas dan kewajiban fraksi-fraksi  DPRD antara lain, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi masing-masing fraksi. Menentu dan mengatur segala  sesuatu yang menyangkut urusan fraksi. Meningkatkan kualitas kemampuan efisiensi dan efektifitas kerja para anggota. Memberikan pandangan umum tentang pengambilan keputusan, persetujuan atau peralatan atas kebijakan yang lain. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan DPRD mengenai hal-hal yang dianggap perlu berkenaan dengan bidang tugas DPRD.

“Saya berterima kasih kepada seluruh anggota DPRD yang telah bekerja keras, penuh semangat dan mengutamakan kebersamaan sehingga dalam kurun waktu yang singkat telah menyusun tatib sekaligus pembentukan fraksi-fraksi serta melaksanakan penetapannya,” ungkap Iwan, Kamis (28/11).

Selanjutnya, seluruh anggota DPRD diajak untuk terus menjaga kebersamaan ini agar mampu menlaksanakan tugas yang menunggu dan salah satunya adalah pelaksanaan paripurna penetapan APBD tahun 2020. Penetapan APBD tahun 2020 telah diamanatkan oleh UU RI.

“Kami juga ucapakan terimakasih kepada Sekwan dan seluruh pegawai pada Sekwan karena telah membantu seluruh kegiatan sehingga semuanya berjalan dengan baik,” tuturnya.

Rapat paripurna ini ditutup dengan penandatanganan SK Pimpinan DPRD Mimika. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika