Main Area

Main

Tarian Seka Akan Ditampilkan Saat Upacara Pembukaan PON

Menpora saat meninjau langsung venue cabang atletik/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Imam Nahrawi meminta agar tarian seka (tarian adat suku Kamoro) akan ditampilkan saat upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

"Saya minta tarian seka bisa ditampilkan di pembukaan PON 2020 sehingga semua peserta nanti bisa ikut tarian massal dan tarian seka bisa dikenal luas di seluruh Indonesia dan dunia," kata Imam Nahrawi ketika ditemui saat meninjau langsung venue-venue, Selasa (23/7).

Ia menambahkan, pelaksanaan PON nanti membuka kesempatan bagi semua

Ia menambahkan, tarian yang ditampilkan nantinya bisa perkenalkan untuk peserta disuruh tanah air dan juga di perkenalkan untuk dunia, bahkan Papua memiliki tarian seka terlepas dari tarian yosim pancar dan beberapa tarian lainnya.

Dahulunya tarian seka merupakan salah satu tarian adat masyarakat di selatan papua Timika, Kaimana dan Fakfak yang menggambarkan ucapan rasa syukur kepada sang pencipta untuk mewarnai kehidupan masyarakat

pesisir.

Terlepas dari itu. Menpora juga mengungkapkan, pelaksanaan PON di Papua terlebih khusus di klaster Mimika dibilang siap berkat adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga nasional

"Saya kira dengan kerjasama yang erat antara Pemkab, Provinsi dan pusat saya pikir PON 2020 akan sangat siap disampaikan oleh Wakil Bupati," ungkapnya.

Sehingga untuk memastikan kesiapan venue-venue dirinya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika untuk melihat secara langsung. Hasil kunjungan tersebut Kabupaten Mimika dinilai siap.

"Karena itu saya ingin nemastikan venue-venue itu seperti apa dan kita berharap ini bisa menjadi venue yang bisa diandalkan oleh semua," katanya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika