Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Tangkap Pimpinan KKB, 7 Personil Satgas Nemangkawi Akan Diberi Penghargaan Khusus

Kapolda Papua dengan didampingi Kapolres Mimika ketika memberikan pernyataan terkait terkait tertangkapnya IM/ Foto : Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.Com- Dengan berhasil menangkap seorang pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Iris Murib (IM) yang dikenal cukup keras dan sadis sering beroperasi di Sinak Kabupaten Puncak,ke tujuh personil Satgas Nemangkawi akan diberikan penghargaan khusus.

"Kita berikan apresiasi kepada tim yang sudah bekerja keras dan berhasil mengungkap pelaku ini.Karena pelaku ini sudah lama kita cari ,dia ini cukup keras, sadis dan keji bersama kelompoknya,"kata

Kapolda Papua,Irjen Paulus Waterpauw kepada wartawan di RPH,Jumat (22/11) malam.

Kata Kapolda bahwa IM beserta kelompoknya adalah kelompok primen yang tidak punya pekerjaan yang jelas,sehingga memanfaatkan ruang-ruang yang ada. "Artinya ketika mereka bisa merampas satu senjata milik anggota dan setelah merampas mereka punya kepercayaan diri yang tinggi dan menekan semua orang,"kata Kapolda.

Dengan tertangkapnya IM,menurut Kapolda bahwa IM sudah diikuti sejak lama karena dalam daftar riwayat perbuatan kekerasannya yang pernah dilakukannya bersama kelompoknya itu pada tahun 2014 di Ilaga dengan menembak dua anggota Polri.

"Dia salah satu pelakunya,dimana pada saat itu anggota kita sedang korvei untuk persiapan ibadah Natal. Jadi saat itu mereka rampas senjata dan menembak kedua anggota tersebut,"ungkap Kapolda.

Selain itu kata Kapolda juga kalau IM juga pernah melakukan penyerangan anggota di Polsek Sinak ketika malam hari dimana anggota seusai melakukan penugasan.

"Waktu itu seusai melakukan penugasan dan istirahat tiba-tiba dari belakang masuk sekelompok KKB dan menghantam anggota. Tiga anggota jadi korban dan satu anggota lompat dan lari,"katanya.

Disampaikan Kapolda bahwa tertangkapnya IM pada Kamis (21/11) sekitar pukul 14.21 wit di Kali Pindah-pindah Iwaka Kabupaten Mimika ,Papua,bahwa IM berencana ingin mencari amunisi untuk menambah perlengkapan dan ingin bergabung dengan kelompok yang dalam perjalanan berbagai wilayah.

"Mereka berencana mereka akan melakukan aksi di 1 Desember yang akan datang. Dia (IM) sudah dibawah ke Jayapura dan saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit Bhayangkara Jayapura.Karena saat diamankan sempat melawan dan berhasil dilumpuhkan anggota,"ungkap Kapolda.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika