Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Tanggap Cepat, Pemkab Mimika Bersama TNI - Polri Turun Tangan Membantu Masyarakat Kampung Iwaka

Timika,TabukaNews.com – Manyikapi bencana alam yang menimpa warga masyarakat di Kampung Iwaka Distrik Iwaka, Jumat (10-07-20), Pemerintah Kabupaten Mimika bersama TNI dan Polri turun langsung ke lapangan membantu masyarakat yang mengalami musibah.
Bantuan yang diberikan oleh Pemkab Mimika berupa sembako dierahkan langsung oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob S.E bersama Dandim 1710/Mimika,Letkol Inf Pio L  Nainggolan S.E., M.Tr.(Han) dan Kapolsek Kuala Kencana, IPTU Y. Sera Ayatanoi pada saat meninjau langsung kondisi warga di kampung Iwaka.
Selain memberikan bantuan sembako, juga mendirikan Posko Darurat Penanggulangan Bencana Banjir, untuk menampung warga yang belum memiliki tempat tinggal akibat banjir yang merendam rumah mereka.
Wakil Bupati Mimika dalam kesempatan tatap muka bersama masyarakat, menyampaikan bahwa banjir yang terjadi di Distrik Iwaka,  disebabkan karena peningkatan debit air sungai di musim hujan. Namun hal tersebut perlu dicari tahu penyebab pastinya.
"Kejadian banjir ini terjadi beberapa tahun terakhir, tapi ditahun-tahun sebelumnya itu tidak terjadi banjir. Oleh karena itu kita perlu cari tau bersama apa penyebabnya," ungkap Wabup kepada warga.


Menanggapi permintaan masyarakat mengusulkan untuk pembuatan rumah panggung, kata Wabup itu akan dipertimbangkan lagi namun kedepannya akan melakukan upaya penanggulangan, seperti rencana normalisasi sungai ataupun hal lain yang lebih penting.
"Saya akan pertimbangkan itu, tapi yang lebih penting itu kita akan lakukan upaya supaya kedepannya kampung ini tidak terkena banjir lagi," ungkapnya.
Sementara Dandim 1710/Mimika,Letkol Inf Pio Nainggolan, menyampaikan bahwa walaupun air sudah surut, namun untuk mengantisipasi pihaknya sudah membangun pos darurat.


"Kedepannya apabila ada kejadian yang perlu disampaikan,segera hubungi Babinsa dan Babinkantibmas agar saya selaku Komandan Kodim bisa mengambil langkah-langkah dan tindakan antisipasi," kata Dandim.
Lanjut Dandim, untuk menyikapi musibah serupa, kedepannya pihaknya dalam hal ini Kodim dan Polres Mimika akan membantu pihak pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan.
"Kita selalu siap bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk bantu masyarakat kita yang terkena dampak banjir," ujar Dandim.
Ditambahkan Kapolsek Kuala kencana IPTU Y. Sera Ayatanoi yang mewakili Kapolres Mimika, berharap setiap permasalahan yang terjadi di kampung Iwaka segera disampaikan karena sebagai penanggungjawab Kamtibmas didaerah tersebut. (tim)

 

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika