Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Tanggal 11 Mendatang Maskapai Garuda Kembali Terbang

Timika, TabukaNews.com - Hasil diskusi antara Dishub bersama dengan pihak bandara Avco,UPBU serta pihak maskapai. Maka maskapai penerbangan Garuda mulai beroperasi di Timika pada tanggal 11 Juni mendatang. 

Hasil diskusi yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor UPBU Mozes Kilangin, Jumat (5/6) ini adalah menindaklanjuti hasil keputusan bersama yang ditandai dengan tandatangan bersama Bupati Mimika dan Forkompimda di Hotel Grand Moza Kamis (kemarin-red). 

"Setelah kita berdiskusi panjang lebar untuk penerbangan komersil ini,ada 4 operator penerbangan yakni Garuda, Sriwijaya, Batik dan Citilink. Dan baru dari pihak Garuda yang sampaikan bahwa ada penerbangan ke Timika tanggal 11 Juni," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika Yan Selamat Purba kepada wartawan seusai melaksanakan diskusi bersama. 

 

Kata Yan,selain Garuda, tiga maskapai lainnya akan menyesuaikan dengan kru maupun kesiapan dari pada armada mereka. "Jadi ada kesepakatan nanti diatur sesuai dengan kapasitas atau keberadaan dari pada airline mereka. Masing-masing maskapai akan melakukan penerbangan dua kali dalam seminggu,"katanya. 

Untuk kesiapan di bandara sendiri, Yan menyampaikan bahwa pihak UPBU maupun Avco itu telah membuat SOP, dimana mengacu kepada peraturan Menteri Kesehatan tentang phisical distance, peraturan Menteri Perhubungan untuk pengurangan 50 persen alat transporsi. 

"Untuk penerbangan ke pedalaman masih belum karena di Mimika masih daerah merah sehingga diharapkan penerbangan masih terlindungi tetapi untuk tenaga medis, keamanan masih berjalan,"ungkapnya.

Lanjut Yan, untuk penumpang yang akan datang menggunakan kapal laut ke Timika itu sama hal dengan udara,yaitu harus mempunyai tes swab. "Kalau yang ingin keluar itu disesuaikan dengan bandara atau pelabuhan tujuan. Kalau disana persyaratkan swab berarti kita swab di sini ,kalau di sana cuma rapid tes maka kita rapid tes di sini,"ujarnya.

Menurut Yan, bahwa salah satu persyaratan untuk mendapatkan tiket harus penuhi tes swab atau rapid tes, surat keterangan sehat dan surat ijin. "Jadi bupati sudah membuka seluas-luasnya siapa yang mau berangkat," ucapnya. 

 

Ditambahkan Kepala Bandara Mozes Kilangin, Subagio bahwa untuk pengawasan di bandara pada umumnya sudah ada. "Apapun standarnya sama,tidak dikurangi kecuali ada peningkatan. Mungkin kita ada peningakatan juga pada saat hijau kita standar sama, tidak ada perbedaan," ungkapnya. 

Untuk masalah penerbangan yang sekarang akan dilakukan, kata Subagio bahwa pihak UPBU maupun sisi utara PTFI sudah siap melaksanakan kegiatan tersebut, namun mengenai jadwal dan waktunya itu akan diserahkan kepada Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Batik Air dan Citilink. "Nanti kalau sudah ada jadwal scedule dari mereka baru kita akan sesuaikan dengan slot yang ada. 

Pada intinya kami semua siap untuk melakukan apa yang disyaratkan oleh Pemda Mimika. Kita bandara baik sisi selatan maupun utara tidak ada perubahan tetap beroperasi penuh dari pagi sampai jam 4 sore,"katanya.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika