Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Tahun ini, Kasus Penyakit Kusta Menurun di Mimika

Timika, TabukaNews.com -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika melalui penanggung jawab program kusta Dinkes Mimika Kamaludin saat ditemui di ruang kerjanya, mengklaim tahun 2020 kasus kusta menurun di bandingkan pada data tahun 2019 lalu.

Dijelaskan Kamal, berdasarkan data Dinkes tahun 2020 menunjukkan sebanyak 34 kasus data tersebut hingga bulan september 2020. Sedangkan untuk tahun 2019 dari data yang ada sebanyak 104 kasus. 

"Tetapi untuk yang tahun 2019 masih ada penderita yang sudah sembuh tapi dilakukan pengobatan kembali di tahun 2020 sehingga Total tahun 2020 sebanyaj 34 kasus. untuk tipe basah 28 dan kering 6 kasus. Sedangkan  tahun 2019 total 104 itu tipe basah 95 kasus dan yang kering 9 kasus,” paparnya.

Untuk penanganan penderita kusta sendiri Kamal menjelaskan bahwa untuk di wilayah kota sendiri penanganan masih berjalan normal seperti biasa untuk metode pengobatan maupun metode tracing kontak serta pemantauan. Sedang untuk di wilayah pedalaman sendiri Dinkes Mimika sedang melakukan perbaikan data dan logistik agar pengobatan bisa tuntas.

“Untuk pelayanan penanganan penderita kusta kita tetap lakukan secara normal seperti biasanya tidak ada yang berubah. Tetapi di wilayah pedalaman sekarang kita sedang melakukan perbaikan baik data maupun kesiapan obat-obatannya,” jelasnya.

Kamaludin mengungkapkan bahwa hingga saat ini Dinkes Mimika terus melakukan sosialisasi di daerah pedalaman terutama pesisir terkait pengobatan kusta. Selain itu memberikan pengetahuan terhadap tenaga kesehatan yang ada di puskesmas pedalaman bagaiman cara mendeteksi kusta dengan cepat. (Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika