Main Area

Main

Tahun Ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tetap Gelar Lomba Cerita

Benediktus Renyaan/Foto : dok

TIMIKA, TABUKANews.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika ditahun 2019 ini tetap menggelar kegiatan lomba cerita ditingkat pelajar SD.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Mimika, Benediktus Renyaan saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Kamis (28/2)  mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan program rutin yang digelar setiap tahun untuk mencari bibit-bibit berbakat dari pelajar SD dalam bercerita.

"Ini tetap kita lombakan tahun ini, karena dalam lomba tersebut kita bisa menemukan bibit-bibit unggul dari anak-anak kita yang masih duduk di bangku sekolah SD dalam bercerita. Apalagi materi lomba biasanya selalu mengusung cerita atau legenda dari masing-masing daerah di Indonesia," tuturnya.

Ia berharap agar sekolah-sekolah bisa mengusulkan masing-masing perwakilan mereka untuk ikut dalam lomba tersebut, sehingga bisa menampilkan bakat serta minat mereka dalam bercerita.

"Tentunya kita dari kabupaten selalu memberikan apresiasi kepada para pemenang berupa hadiah uang tunai sebagai uang pembinaan. Dan tentunya, bagi juara pertama, akan mengikuti lomba serupa ditingkat provinsi, sebagai seleksi untuk mengikuti lomba bercerita tingkat nasional," ujarnya.

Juga dikatakan, bahwa sebagai salah satu syarat mutlak adalah, bagi peserta yang sudah pernah ikut sebelumnya dalam kegiatan lomba tersebut, dan menang, maka tidak lagi diperbolehkan untuk ikut. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak yang lain untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bercerita.

"Lomba ini kita sudah gelar beberapa kali, jadi anak-anak yang pernah ikut dan, tidak bisa lagi untuk ikut lomba, karena kita juga berikan kesempatan bagi yang lainnya,. Kita berharap juara kesuksesan sebelumnya bisa terulang kembali ditahun ini," imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika