Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Tahun Depan Kemenhub Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Poumako

Timika,TabukaNews.com – Sempat terkendala masalah kepemilikan tanah,membuat pembangunan Pelabuhan Poumako oleh Pemerintah Pusat (Pempus) dalam hal ini Kemetrian Perhubungan (Kemehub) pada tahun 2020 ini terhambat maka tahun 2021 baru akan dilanjutkan.
Setelah mendengarkan penjelasan dari Wakil Bupati Mimika (Wabup) Johannes Rettob bahwa status tanah pelabuhan Poumako sudah jelas, maka staf khusus kementrian perhubungan menyampaikan kepada menteri perhubungan jika pelabuhan Poumako sudah bisa dilakukan pembangunan.
"Saya memang diperintahkan oleh Menteri Perhubungan untuk mengecek bagaimana masalah pelabuhan Poumako. Ternyata dari penjelasan yang kamu dengar sudah tidak ada masalah, itu nanti kami sampaikan ke Pak Menteri dan semoga tahun depan sudah bisa di bangun," kata Staf Khusus (Stafsus) Mentri Perhubungan (Menhub) Buyung Lelana di kantor UPBU Mozes Kilangin, Senin (11/9/20).
Buyung mengungkapkan bahwa sebenarnya dari tahun kemari 2019 anggaran tersebut sudah dialokasikan oleh kementrian perhubungan. Tetapi karena ada masalah status kepemilikan tanah tersebutlah yang menyebabkan anggaran tersebut harus dikembalikan.
"Tahun depan kita lakukan lagi kita bisa mengevaluasi kembali dan mengambil keputusan yang bermanfaat," ujar Buyung.
Sementara Wabup Johanes Rettob menyampaikan bahwa pihaknya memberikan jaminan terkait status tanah tersebut dan tidak ada masalah. Sehingga Pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan sudah bisa melakukan pembangunan pelabuhan Poumako.
"Kami sudah berikan jaminan dalam bentuk surat jaminan dan surat pernyataan. Sekarang kita tinggal tunggu dan tetap kita kawal,"  kata Wabup.
Wabup berharap tahun depan pembangunan pelabuhan Poumako sudah bisa terlaksana. Sehingga kedepan pelabuhan Poumako menjadi pelabuhan yang sangat bagus dan semakin mendatangkan PAD yang lebih banyak untuk Kabupaten Mimika.
"Kami berharap tahun depan bisa terlaksana dan kami akan kawal terus prosesnya hingga pembangunannya berjalan seperti yang kita harapkan," Ungkapanya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika