Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Studi Banding PB PON Papua Sub Mimika : Kadis PU Mimika Tinjau Sejumlah Venue Olah Raga Pemprov Jabar

Kadis PU Mimika Tinjau Sejumlah Venue Olah Raga Pemprov Jabar/Foto : Tim Tabukanews.com

BANDUNG,Tabukanews.com -  Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mimika, Ir Robert Mayaut ST pada Rabu (20/11) memantau sejumlah venue olah raga milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Pemantauan dilakukan menyusul rencana Pemda Mimika membangun sejumlah venue olah raga menyambut PON XX di Kabupaten Mimika dan Jayapura, Provinsi Papua.

Sebagaimana yang diliput media ini, pemantauan dilakukan mulai Rabu pagi di venue panjat tebing yang terletak di Lembang, Bandung. Di tempat itu ditemukan empat jenis fasilitas dinding untuk perlombaan panjat tebing yang semuanya dalam kondisi siap pakai, empat unit toilet, dua tenda, satu tribun sederhana yang menampung sekitar 150 kursi, serta satu arena persiapan.

Setelah mencatat semua jenis dan kebutuhan fasilitas, pemantauan selanjutnya dilakukan di fasilitas lomba aero sport yang terletak di lapangan Lanud Sulaiman, Bandung.

Kedatangan Kadis PU diterima Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb B. Benny, K. S.H., MAvMgt., MAIR.

"Kalau total lapangan 500x 800 meter   untuk aeromodeling itu masih oke. Tapi harus ada jaring pengaman supaya penonton tidak kena," ujar Benny.

Dijelaskan, ada beberapa macam jenis perlombaan dalam aeromodeling yang masing-masing jenis berbeda venue.

"Lapangan kami panjangnya 1600 meter, yang dipakai 1000 meter. Di sini bagus karena tidak ada traffic penerbangan komersial," ungkapnya.

Danlanud menerangkan, khusus untuk terbang layang, lapangan hendaknya rata dan berumput. "Tidak boleh ada bangunan di ujung-ujung," katanya.

Setelah berdiskusi singkat di ruangan Danlanud, selanjutnya Kadis PU menuju arena venue aeromodeling.

Kedatangan Kadis PU dijemput anggota FASI Jabar, Dadang Ksatria, Ketua Panpel Babak Kualifikasi PON Jabar, Yunus Bekoming, dan TD Aeromodeling Agung Surya Dewanto.

Pemantauan dilakukan di lapangan lapangan aeromodeling kategori F2D,  kategori F2C dan kategori F3R.

Sekitar 3 jam di tempat itu, tim melakukan pengukuran diameter lapangan, jenis landasan, jaring pengaman serta jenis bahan yang digunakan.

Selanjutnya pemantauan dilakukan di Sarana Olah Raga (SOR), Si Jalak Harumpat Jabar serta stadion biliard. Beberapa keunggulan SOR tersebut dicatat untuk selanjutnya dijadikan bahan evaluasi pembangunan stadion Mimika yang mulai direncanakan tahun 2020. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika