Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Stok Obat Primaquine Langka, Puskesmas Disarankan Beli Sendiri Gunakan Dana JKN

Timika,TabukaNews.com – Stok obat primaquine untuk penyakit malaria saat ini sedang mengalami kekosongan di Kabupaten Mimika, saat ini tersisa 11.000 tablet, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan yang di perlukan per harinya sekitar 30.000 tablet primaquine. Ini akan menjadi masalah nasional.
Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika,  Reynold Ubra saat di temui, Rabu (5/8/20), usai peresmian ruang isolasi tanggap darurat di RSUD Mimika mengharapkan pemerintah provinsi juga mendata dan mengambil langkah seperti apa nantinya, karena pendistribusiannya juga melalui istalasi farmasi provinsi papua.
“Stok obat primaquine sendiri di pastikan sedikit berkurang dan pemakaiannya pun akan habis sekitar bulan september mendatang,” jelasnya.
Kata Reynold, kekurangan obat saat ini diduga ada pihak ketiga dalam hal ini kinil swasta yang melakukan kecurangan dnegan menimbun kamudian menjual dengan harga lebih tinggi sehingga kedepanya pihaknya akan mengambil tindakan tegas berupa penutupan krinil yang diduga melakukan praktek tersebut. 
“Kami akan mancabut surat ijin beroperasinya klinik swasta bila melakukan kecurangan dengan menimbun obat dan menjualnya pun dengan harga yang berbeda dari harga sebenarnya kepada pasien yang membutuhkan perawatan,” jelasnya.
Sementara itu tabah Reynold, untuk puskesmas sendiri akan diberikan kewenangan untuk melakukan pengadaan obat sendiri dengan menggunakan dana JKN. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika