Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

STKIP Hermon Gandeng UNIMUDA Sorong, Komitmen Terus Maju Dalam Kualitas Pelayanan Pendidikan

Timika,TabukaNews.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hermon Timika melakukan upayanya menuju Perguruan Tinggi Akreditasi A. Setelah sebelumnya STIKIP Hermon terakreditasi di BAN PT, maka selanjutnya perjalanan lembaga pendidikan itu terus maju melangkah demi peningkatan kualitas ‘pabrik’ pencetak SDM unggul di Mimika itu. 

Menuju STKIP Hermon Akreditasi A, melakukan kerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya yang telah lebih dahulu mencapainya, salah satunya dengan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Papua Barat. Hal ini sejalan dengan instruksi Kemeristekdikti RI agar ada sharing atau transfer pengalaman dan hal-hal penting akademisi lainnya, demi terus meningkatkan kualitas lembaga pendidikan.

Pada Rabu (18/08/2021) Ketua STKIP Hermon Densemina Yunita Wabdaron bersama Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong Doktor Rustamadji menandatangani Nota Kesepahaman MoU kerja sama dengan turut disaksikan Ketua Yayasan Hermon Timika Julian Solossa S.Sos, M.Si.

Di akhir kegiatan, kepada media, Ketua Julian Solossa mengatakan, pihaknya bersyukur kerja sama ini bisa terjadi, setelah sebelumnya melakukan lobby beberapa kali. 

UNIMUDA Sorong merupakan Terbaik 1 PTN & PTS di Papua Barat Tahun 2020 oleh Kemdikbud RI, sehingga merupakan pilihan tepat untuk STKIP Hermon sharing dan bahkan belajar darinya.

Ke depan pihaknya juga akan menjajaki kerja sama dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua dan Universitas Negeri Manado (Unima) Tondano, Sulawesi Utara.

Lagi kata Solossa, para orang tua di Mimika tidak perlu ragu untuk menyekolahkan anak-anak mereka di STKIP Hermon, karena selain sudah terakreditasi, STKIP Hermon juga telah terbukti berhasil dalam mewisuda angkatan perdananya pada Desember 2020 kemarin.

Julian Solossa yang juga Anggota DPRD Kabupaten Mimika itu menambahkan, STKIP Hermon tidak bisa berhenti untuk meningkatkan sumber dayanya, agar semakin mumpuni dalam hal pelayanan pendidikan bagi generasi penerus bangsa di Mimika.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Rektor UNIMUDA Sorong Doktor Rustamadji mengatakan, MoU itu merupakan bagian dari perluasan jejaring / networking, di antara Perguruan Tinggi se-Papua dan Papua Barat. Guna bersama-sama maju dan menebar kebaikan khususnya dalam pelayanan pendidikan bagi generasi bangsa di Tanah Papua.

Pihaknya mengapresiasi upaya STKIP Hermon dalam hal ini Ketua Yayasan Julian Solossa dalam terjadinya kerja sama itu, yang dinilainya akan bermanfaat besar bagi kedua lembaga pendidikan itu ke depannya.

Rustamadji menjelaskan, di antaranya kerja sama itudalam Pengembangan dan peninjauan kurikulum agar tersesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Kemudian tentang penelitian bagi dosen dan pengabdian masyarakat, yang kesemua hal itu merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ia menambahkan, dalam pengabdian masyarakat, tidak hanya sebatas perencanaan dan komitmen di atas kertas, tetapi harus diwujud-nyatakan. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat kehadiran perguruan tinggi di daerah bersangkutan.

Sementara itu Ketua STKIP Hermon Densemina Yunita Wabdaron mengatakan peningkatan SDM Dosen berdampak pada meningkatnya kualitas institusi STKIP Hermon Timika, selain juga penelitian dari para dosen bisa berguna bagi kepentingan masyarakat.

Ia berharap para insan civitas lembaga pendidikan  itu bisa mengimplementasikan segala ilmu yang didapat di STKIP Hermon Timika sehingga berguna bagi kemajuan daerah Mimika tercinta. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika