Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

SMK Hermon Timika Solusi Pendidikan Bisa Langsung Kerja

Timika,TabukaNews.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hermon Timika menyusun program kerja pendidikan jangka panjang, menengah dan jangka pendek dalam rangka komitmen bagi pengembangan dunia pendidikan bagi anak bangsa di Timika. Kegiatan itu dilakukan selama 3 hari mulai 27 sampai 29 Juli 2021.

Ketua Yayasan Hermon, Julian Solossa kepada wartawan, Selasa (27/07/2021) mengungkapkan, kendati di tengah masa pandemi Covid-19 ini pihaknya terus memikirkan strategi pengembangan program pendidikan terus berjalan meski dilakukan secara online. Hal ini tentu saja berkaca juga pada kalender pendidikan resmi.

“Selama 3 hari ini SMK Hermon,kepala sekolah, guru-guru wali kelas dan administrasi adakan rapat menyusun program kerja, baik jangka panjang, menengah dan pendek. Di masa pandemi murid-murid belajar secara online,” ujarnya.

Lagi katanya, SMK Hermon menawarkan timba ilmu kejuruan yang berkualitas karena didukung dengan para tenaga pengajar yang mumpuni di masing-masing bidangnya. Sebut saja kejuruan di SMK Hermon meliputi : Jurusan Teknik Otomotif Alat Berat, Geologi Pertambangan, Teknik Jaringan Komputer dan Administrasi Perkantoran. Segala jurusan itu diklaim mumpuni siap langsung masuk dunia kerja saat selesai sekolah, karena skil disiplin ilmu itu tergolong yang amat dibutuhan di lapangan kerja di Kabupaten Mimika.

“Ini bidang-bidang yang siap masuk di lapangan kerja, bisa dipelajari di SMK Hermon. Kami punya guru-guru yang terstandar pendidikannya di masing-masing jurusan. Siap untuk mengajar, transferkan ilmunya pada anak didik,” tuturnya.

Selain itu, SMK Hermon yang telah terdaftar di Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI itu juga telah menjalin dengan 16 mitra baik perusahaan maupun OPD pemerintah di Mimika, sehingga meluaskan program praktek kerja industri SMK itu bagi para murid tingkat akhirnya.

“Hasil rapat hari ini, diketahui bahwa kita jalin kerja sama dengan MoU dengan 16 perusahaan dan stake holder pemerintah, anak-anak bisa langsung bekerja setelah lulus nanti,” bebernya.

Julian Solossa Ketua Yayasan Hermon Timika yang juga Legislator DPRD Mimika Komisi C itu menambahkan, tidak ragu-ragu, ia mengajak warga Mimika untuk menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah kejuruan agar anak bisa siap langsung masuk dunia kerja, terlebih di SMK Hermon yang bidang disiplin ilmunya sangat relevan di Kabupaten Mimika, namun juga di Provinsi Papua dan di nusantara Indonesia. Menjadi kebanggannya tersendiri, saat mengetahui alumni SMK Hermon juga banyak yang diterima masuk di TNI – POLRI.

Ia berharap pengembangan dunia pendidikan di Mimika bisa terus berjalan dengan strategi terkininya, mengatasi halangan rintangan pandemi Covid-19 yang masih melanda. Salossa menilai penting bagi anak-anak generasi penerus bangsa untuk memperlengkapi diri dengan pendidikan yang baik sehingga bisa bersaing dan bahkan unggul di dunia kerja nyata, bagi masa depan gemilang anak itu sendiri.

“Sehingga siap bersaing secara sehat, masuk di lapangan kerja dengan skil yang didapat dari sekolah kejuruan ini. Anak-anak bangsa di Timika harus belajar demi bekal masa depannya,” tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika