SMAK St Ignasius Terapkan Pendidikan Karakter Berpola Asrama

SMAK St Ignasius Terapkan Pendidikan Karakter Berpola Asrama

Timika,TabukaNews.com

Sekolah Menegah Agama Katolik (SMAK).St Ignatius yang berlokasi di Jilo meter 7 merupakan lembaga pendidikan menengah yang menerapkan pendidikan karakter berpola asrama.

Ketua Yayasan ST Ignatius, Ignatius Adii, SPd saat ditemui di sekolahnya, Rabu (27/4/2022), mengatakan bahwa sekolah ini dengan ciri agama Katolik, berkarakter dengan muatan kearifan lokal. 

Pendidikan di sekolah ini menyiapkan generasi muda berkarakter dan beriman katolik terlebih generasi muda Amungme dan Kamoro We.  Sementara banyak orang berbicara Amor, tapi tidak mulai dengan hal yang kecil?  "Kami mau coba mulai dari SMP ke bawah agak susah maka mulai dulu yang selesai SMP kami ambil tampung tapi dannkaminbina disini. Sekolah ini yang  boleh mengajar, yang boleh bekerja, yang bersekolah hanya agama Katolik tidak campur dengan agama lain," kata Ignatius.

Sekolah ini  mendapat SK dari Kementerian Agama dengan visi misi mempersiapkan generasi muda harus  berkarakter, berpendidikan dan beriman.

Selain itu jelas dia sekolah ini punya asrama menjadi pusat pembinaan. 

Asrama ini luar biasa gedung dari Kementerian, selain itu ada bantuan dari berbagai pihak salah satunya PLN dan   sekarang Pak wakil bupati membantu kasur, bantal seperti, serta  makan minum anak-anak.

Untuk sembako ada pihak-pihak yang membantu. Memang anak-anak yang sekolah di sini belum ada beasiswa. Sementara ada  orang tua asuh yakni empat pengusaha yang tiap bulan bantu sekolah ini termasuk anak-anak ini.

Kata dia, tiap bulan mereka bantu 11 juta untuk makan minum mereka. Sementara sekolah  tidak minta sedikitpun dari 

Kemudian sekolah  punya aturan salah satunya adalah komunikasi antara orang tua dengan asrama dibangun tapi tidak campur tangan sepenuhnya orang tua.

Untuk asrama itu dibina oleh pembina. tempat ini dengan muatan lokal tadi bahwa mereka dilatih keterampilan, salah  satunya mereka mulai coba tanam kangkung, ini ada pinang di sebelah, 

"Sebelah ini kita sudah tanam  sirsak kemudian mereka juga menjaga kebersihan halaman lalu lebih dari itu waktu masuk mereka masak sendiri 

Untuk masak jelas dia mereka masak sendiri dapur juga  mereka olah sendiri dilatih tidak ada yang bilang tidak bisa karena itu setiap bulan  dua kali itu ada pembina 

Pokok pertama pembinaan terang dia  sifat dan sikap hidup berasrama itu sudah jalan yang kedua sekarang belajar bekerja apapun mereka di sini itu latihan bekerja sebentar sore masih ada jadwal saya ke sini juga untuk kelanjutan dari tema yang kedua. Selain itu mereka juga siapkan untuk berlatih di gereja  pilihannya di kilo 11 Kadung Jaya tapi kegiatan Paroki juga ikut kemarin drama penyaliban Yesus dari sini 3 siswa ikut drama jalan salib hidup..

Sementara Wakil Bupati John Rettob, menyerahkan bantuan ke asrama sekolah ini. Dengan bantuan ini sekolah ini bisa bertumbuh dan menjadi sekolah berkarakter di Kabupaten  Mimika. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata