Main Area

Main

Sijago Merah Mengamuk Di Agats, Puluhan Rumah Hangus Terbakar

Puing-puing bangunan yang hangus terbakar/ Foto: Istimewa

AGATS, Tabukanews.com - Kebakaran besar terjadi di Agats kabupaten Asmat, Selasa (17/9) sekria pukul 02.30 Wit. Api tersebut berasal dari adanya kabel yang terpasang didalam sebuah rumah bermaterial kayu, api mulai membesar dan membakar puluhan bangunan yang berada di Jalan Yos Sudarso, pertigaan Jalan Muyu, pertigaan Jalan Ayam kecil dan pertigaan Jalan Dolog. Dalam kejadian tersebut sebanyak 3 warga harus dilarikan ke RSUD Asmat karena mengalami luka bakar ringan.

Berdasarkan laporan yang diterima menjelaskan kejadian bermula saat seorang warga Muhamad Supriadi yang saat dalam kondisi bangun dan berjalan keluar rumah sontak melihat adanya api yang berasal dari kabel yang berada didalam rumah tepatnya diatas plafon rumah yang manak kabel tersebut tersambung langsung ke limit disebuah kios 7 distrik.

Api semakin membesar dan sudah membakar pojok dinding Kios 7 Distrik tempat dimana limit tersebut berada, melihat kejadian tersebut Supriadi berteriak untuk membangunkan warga agar bersama-sama memadamkan api karena pada saat itu api sudah mulai merambat dengan begitu cepat membakar dinding bangunan yang terbuat dari papan kayu dan tripleks tersebut.

Pihak Kepolisian, Basarnas dan TNI setempat yang menerima laporan tersebut bergegas mendatangi TKP dan bersama-sama warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 09.00 Wit atau 6 jam kemudian.

Dalam kejadian kebakaran tersebut sebanyak 3 orang mengalami luka bakar. Diantaranya, Safura, (42) warga jalan Yos Sudarso Agats yang mengalami luka bakar dibagian kedua telapak kakinya serta tangan kiri, Randi Arisman, (20) warga jalan Yos Sudarso Agats mengalami luka bakar dibagian dua kakinya serta tangan kiri dan bagian pipi kiri, Resky Arsafan (10) warga Jalan Yos Sudarso Agats mengalami luka bakar di bagian kedua kakinya, tangan kiri dan punggung.

Pasca kebakaran, ketiga korban berhasil dievakuasi ke RSUD Agats untuk mendapatkan perawatan akibat luka bakar.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, mengatakan dalam kejadian tersebut terdapat 3 warga yang mengalami luka-luka bakar, dan saat ini ketiga korban setelah mendapat perawatan di RSUD Agats kemudian kembali pulang ke rumah keluarganya di Jalan Dolog Agats.

"Ada 3 orang yang mengalami luka bakar ringan dan sudah ditangani oleh pihak RSUD setelah itu diperbolehkan pulang," kata Kabid Humas, Selasa (17/9).

Ia juga menambahkan, untuk saat ini belum diketahui jumlah bangunan yang terbakar dan kerugian materiil masih dilakukan pendataan di TKP. Sementara itu untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan sambil menunggu olah TKP oleh personil Sat Reskrim Polres Asmat.

"Belum ada data jumlah bangunan dan kerugian, dan belum dipastikan penyebab kebarakan," tambahnya.  (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika