Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Sidang Sengketa Pemilihan Bupati Puncak di Gelar di Mimika

TIMIKA, TABUKANews.com - Sidang penyelesaian sengketa pemilihan calon bupati dan wakil bupati kabupaten puncak yang di hadiri oleh Ketua  Panwaslu, sekretaris panwaslu, panwaslu Propinsi, dan Ketua KPU Kabupaten Puncak, sidang dilangsungkan di Ballroom Hotel Serayu, Senin (19/2) dengan pengamanan aparat sebanyak 70 personil.

Sidang agenda terkait pemohon dari Pasangan Calon (Paslon) dari pasangan  Repinus Telenggen dan David Ongomang yang merasa keberatan atas hasil pleno penetapan Paslon oleh KPU Puncak, yang mengatakan bawa hasil Pelno penetapan Paslon Paslon Repinus Telenggen dan David Ongomang Tidak Memenuhi Syarat (TMS),

Melalui kuasa hukum Pemohon  Laode  M Rusliadi,,SH menjelaskan bahwa syarat Paslon jika dinyatakan TMS apabila Balon mendapatkan lima kursi sedangkan pemohon telah memperoleh enam kursi dari tiga partai yaitu PKPI 1 kursi 

PAN 2 kursi dan HANURA 3 kursi namun dari hasil pleno penetapan pihak KPU hanya menetapkan dua partai saja yang dipegang oleh pemohon, yaitu partai PKPI dan PAN sehingga pemohon hanya mendapat tiga kursi dan dinyatakan TMS 

" syaratnya Paslon dinyatakan Memenuhi Syarat itu kalau mendapatkan lima kursi nah pemohon sudah mendapatkan enam kursi, tetapi dari KPU hanya melihat dua partai saja sedangkan mereka tidak menghitung kursi dari Partai HANURA ini,"terang La Ode.

Selain itu juga pihak pemohon merasa keberatan dari hasil pleno KPU tersebut hanya ditandatangani oleh dua Komisioner KPU sedangkan menurut aturan hukum harusnya tiga komisioner .

"Yang menjadi keberatan pihak pemohon bahwa  pada penetapan dari hasil pleno KPU satu calon tunggal pasangan Willem wandik dan Alus UK murnip hanya ditandatangani dua komisioner KPU padahal secara aturan harusnya tiga komisioner, itu yang pemohon tidak terima," tegasnya.

Namun kata La Ode hari ini (kemarin) agenda sidang terkait penyampaian permohonan dari Pemohon , sidang akan dilanjutkan pada Rabu (21/2) dan kemungkinan akan tetap di langsukan di Mimika.

Disamping itu pada wawancara Ketua KPU Puncak Manase Wandik menjelaskan bawa, penetapan TMS oleh pasangan Pasangan Calon Repinus Telenggen dan David Ongomang ini di karena hanya memiliki Tiga kursi dari dua partai PKPI dan PAN, sedangkan terkait dengan Partai HANURA menurut Wandik rekomendasi sesuai verifikasi Faktual di Pusat diketahui bahwa dukungan dari Partai HANURA Pusat hanya satu calon yaitu pada calon Willem wandik dan Alus UK murnip.

"Memang dua pasangan calon Bupati dan Wabup ini mereka memiliki surat rekomendasi dari Partai HANURA dan  memang Sah, akan tetapi  kita dari KPU melakukan verifikasi ke Pusat kita dapati bahwa peryataan dari Partai HANURA bahwa memang benar pernah surat rekomendasi dikeluarkan kepada pasangan Repinus Telenggen dan David      Ongomang akan tetapi surat rekomendasi tersebut telah dicabut sehingga yang sah memiliki surat rekomendasi dari Partai HANURA adalah pasangan Willem wandik dan Alus UK murnip," jelasnya

Iapun menjelaskan bahwa pada Rabu ini, sidang akan dihadiri oleh pengurus Partai HANURA dari pusat yang nantinya akan menjelaskan terkait kemana arah dukungan dari HANURA tersebut, bahkan kata Wandik kemungkinan Paslon .Willem wandik dan Alus UK murnip adalah pasangan tunggal yang diusung sembilam partai.

"Pasangan yang keberatan silahkan menempuh jalur hukum," ketus Wandik

Sesuai pantauan proses sidang sengketa pilkada Kabupaten Puncak ini dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Menurut Kapolsek Mimika AKBP Indra Hermawan, sekitar 70 personil yang berjaga di lokasi hotel serayu.

" Ini sekitar 70 personil yang standby di sini, memastikan proses persidangan berjalan aman tanpa ada ricuh," ringkas Indra.(dzy/tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika