Main Area

Main

Serpihan Milik Pesawat Ditemukan Setelah Enam Kali Lakukan Pencarian

Posko Pencarian/Foto : Tim

Timika,TabukaNews.Com - Setelah melakukan enam kali pencarian dihari ke lima, Minggu (22/9/19) dari Tim SAR gabungan bersama TNI AU Yohanis Kapiyau, Brimob Satgas Nemangkawi dengan menggunakan pesawat CNN 235 milik TNI AU dan Helikopter milik PT Sayap Garuda Indah, akhirnya mendapatkan titik terang dengan ditemukan serpihan milik Pesawat Twin Other DHC 6-400 dengan nomor registrasi PK CDC milik PT Carpediem Aviasi Mandiri yang lost contac sejak Rabu (18/9) lalu.

Serpihan pesawat ditemukan pada titik dikoordinat 4 derajat 7’27.11”S/137 derajat 29’18.36”E) atau 44 Nm. Radial 058 derajat dari Timika, berdekatan di Kampung Mamontoga, Distrik Hoya Kabupaten Mimika, dengan memiliki elevasi 13.453 feet.

Hal ini disampaikan tim sar gabungan pada saat press realease di Bandara Baru Moses Kilangin oleh Kepala Kantor SAR Mimika, Monce Brury didampingi Danlanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos dan perwakilan maskapai serta pihak otoritas bandara.

Diterangkan Kepala Kantor SAR Mimika, Monce Brury, bahwa pencarian terhadap pesawat tersebut dan akhirnya menemukan titik terang, itu dimana tim sudah sangat berupaya dengan melakukan pemantauan di lokasi yang diperkirakan tersebut sejak pagi pukul 06.18 wit dengan menggunakan pesawat CN 235 TNI AU dan Heli SGI pada pukul 06.33 wit.

"Kegiatan hari ini kita lakukan pantauan sebanyak enam kali, dari hasil pantauan yang secara visual kita bisa katakan bahwa serpihan atau titik yang kita duga selama ini adalah milik pesawat tersebut, yang mana selama pencarian sering tertutup," Terangnya.

Menambahkan, untuk memastikan penyebab kejadian tersebut ,kata Monce lebih jelasnya setelah akan dilakukan evakuasi dan mengambil Flight Data Recorder (FDR).

"Secara resmi akan disampaikan oleh Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) terkait dengan kejadian tersebut,kita hanya dapat mengatakan bahwa betul itu serpihan milik pesawat tersebut," katanya. 

Diketahui bahwa pesawat perintis jenis Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC milik PT.Carpediem Aviasi Mandiri rute timika-ilaga hilang kontak pada rabu (18/9) sekitar pukul 11.00 wit.

Pesawat tersebut bertolak dari bandara mozes kilangin timika pukul 10.39 wit dan harusnya sudah mendarat di bandara ilaga / puncak  pukul 11.29 wit. 

pesawat carter yang dipiloti pilot Dasep Sobirin, Co Pilot Yudra Tutuko,  teknisi Ujang Suhendra mengangkut 1.600 Kg beras milik Perum Bulog, Kantor Seksi Logistik Timika serta seorang anggota Brimob Bharada Hadi Utomo yang bertugas di ilaga ikut dalam penerbangan pesawat tersebut. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika