Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Serahkan DPA Tahun 2021, Bupati Minta OPD Membangun Tepat Sasaran

Timika,TabukaNews.com - Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2021 secara resmi diserahkan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Proses penyerahan dilakukan oleh Bupati Mimika di Gedung Pendopo SP3, Rabu (10/3).

Turut hadir Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Sekda Mimika Michael R. Gomar, Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng.

Penyerahan DPA 2021 dilakukan secara simbolis yang diwakili oleh Dinas Pendidikan, Bappeda, Bagian Hukum Setda Mimika, serta Distrik Mimika Baru.

Bupati Mimika dalam sambutannya menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasihnya kepada semua OPD yang telah berkomitmen melaksanakan optimalisasi pembangunan di Kabupaten Mimika dengan ditetapkannya Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang APBD Tahun Anggaran 2021.

Menurutnya, penyerahan DPA Tahun 2021 ini agak sedikit terlambat dari tahun sebelumnya karena adanya keterlambatan akibat penggunaan sistem dalam pengelolaan keuangan yakni Sistem Informasi Manajemen (Simda) ke Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sesuai Permendagri Nomor 90 Tahun 2019.

Dijelaskan, bahwa penyerahan DPA 2021 ini jangan dimaknai hanya secara simbolis semata, namun merupakan langka awal dan pedoman masing-masing OPD untuk melaksananlan anggaran di tahun 2021.

 

"Saya ingatkan kepada semua pimpinan OPD yanh ada, bahwa rencana pendapatan yang tertulis dalam DPA ini merupakan target minimal. Artinya, masing-masing OPD pengelola PAD harus bisa merealisasikan target yang direncanakan hingga 100 persen," tegasnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa laporan keuangan Pemda Mimika selama 5 tahun berturut-turut terus meraih opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) yang merupakan  hasil kerja keras bersama dan tentunya harus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk membangun jaringan komunikasi yang sehat dan berkualitas dan tetap memantau pembangunan di negeri ini. Pesan saya laksanakan kegiatan tepat waktu, tepat jumlah, tetap sasaran, mutu dan manfaat serta tertib aturan," imbuhnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika