Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Semester I PLN Wujud Kampung Terang di 252 Desa

Asisten Manager Komunikasi PLN Induk wilayah Papua dan Papua Barat Septian Pujianto / Tim Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com  - Asisten Manager Komunikasi PLN Induk wilayah Papua dan Papua Barat Septian Pujianto mengatakan, sebanyak 252 desa dari 777 desa di wilayah Papua dan Papua Barat yang yang sudah dialiri listrik.

Ia menjelaskan, 777 desa tersebut, diperkirakan sebanyak 54% desa di Provinsi Papua yang belum dialiri listtrik alias masih hidup dalam kegelapan, sedangkan Papua Barat sebanyak 99% desa yang sudah dialiri listrik.

Persentase tersebut berdasarkan pada data Badan Pusat Statistik (BPS). Artinya masih banyak desa di Provinsi Papua yang belum dialiri listrik.

“Untuk Tahun 2018-2019 itu ada 777 desa yang harus dilistriki baik itu di Papua dan Papua Barat, Sejauh ini di Papua kurang lebih 52-54 persen, kalau untuk di Papua barat 99 persen dan ini data dari BPS yang kita peroleh,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 54% desa di Provinsi Papua belum dialiri listrik lantaran berbagai kendala baik faktor geografis, pendistribusian material dan masalah lahan untuk pembangunan pembangkit listrik.

Tidak kalah pentingnya faktor kemanan yang mana seperti beberapa Kabupaten di wilayah pegunungan seperti Kabupaten Nduga dan Kabupaten Lani Jaya yang sangat sulit untuk dijangkau lantaran adanya gangguan keamanan dari kelompok bersenjata.

“Memang untuk letak geografis di Papua ini sendiri cukup menantang sehingga kendala untuk mendistribusikan baik material dan juga masalah keamanan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, faktor keamanan juga menjadi faktor penting, sehingga kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan pihak Kodam untuk masuk ke Kabupaten-kabupaten tersebut untuk mengaliri listrik.

“Kedepan kalau memang butuh kerja sama dengan Kodam kita akan lakukan. Tetapi sejauh ini kita koordinasi terus dengan Kodam untuk pengamanannya,” tambahnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika