Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Selasa Besok, Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten

Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola mengatakan, Selasa (30/4) besok akan dilaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten di Hotel Serayu, setelah 14 dari 18 Distrik setelah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara ditingkat PPD.

Tersisa 4 distrik yang belum selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara diantaranya Distrik Miru, Wania, Tembagapura dan Distrik Hoya. Artinya dengan tersisa 4 distrik apabila dipresentasikan sebanyak 80% suara sudah terekap, dengan alasan Distrik Miru dan distrik Wania merupakan jumlah DPT terbesar, sehingga 4 distrik yang belum direkap diperkirakan 20% suara.

"14 distrik sudah siap dan tinggal kita geser ke pleno tingkat kabupaten yang akan direncanakan besok pagi jam 9 di hotel Serayu," kata Indra ketika ditemui usai mengikuti tatap muka dan dia bersama di resto Cendrawasih 66, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, pleno tingkat kabupaten dilakukan sambil menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara bagi 4 distrik yang belum selesai, apabila selesai dilakukan rekapitulasi penghitungan suara akan dilanjutkan dengan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten sebelum tanggal 7 Mei mendatang.

"Sambil kita menunggu 4 distrik yang sedang melaksanakan pleno, kalau sudah kita langsung akan rekap karena tanggal 7 Mei itu kita sudah harus geser ke tingkat provinsi," jelasnya.

Ia berharap, seluruh parpol peserta pemilu beserta caleg agar bisa menerima hasil keputusan KPU. Sebab dari jumlah caleg bertarung, sebanyak 323 caleg atau sebanyak 90% yang tidak lolos, sehingga diperlukan jiwa besar untuk menerima kemenangan dan kekalahan.

"Diharapkan bahwa KPU sudah melaksanakan tugas dengan baik dan tetap menjaga prinsip kemandirian dan integritas, sehingga partai-partai juga diharapkan mempercayakan sepenuhnya kepada saksi-saksi," harapnya.

Sebab. Kata dia, tidak ada kepentingan politik yang dijalankan oleh komisioner KPU, tapi keputusan yang ditetapkan berdasarkan amanat yang dipercayakan masyarakat kepada para caleg untuk menyuarakan apa yang selama ini dialami oleh agar diperjuangkan.

"Keputusan yang diambil KPU adalah keputusan berdasarkan suara dan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat," ungkapnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika