Main Area

pesparawi xiii

Main

Selama 2019 BNNK Ungkap Dua Kasus Nerkoba, Lebih Banyak Pencegahan

Kepala BNNK Mimika,  Kompol Mursaling dalam konferensi pers Analisis dan Evaluasi program kerja Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimik Tahun 2019,  Senin (16/12) Di Kantor BNNK Jalan Cendrawasih. /Foto : Tim

 

Timika,  TabukaNews. Com – Selama tahun 2019, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK)  Mimika lebih banyak melalukan sosialisasi pencegahan natkoba hingga ditingkat sekolah dasar,  sementara pembernataaan hanya dua kasus dengan berang bukti narkotika jenis Shabu seberat 13 Garam. 

Hal itu diungkap Kepala BNNK Mimika,  Kompol Mursaling dalam konferensi pers Analisis dan Evaluasi program kerja Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimik Tahun 2019,  Senin (16/12) Di Kantor BNNK Jalan Cendrawasih.

Pada kesempatan itu,  Kompol Mursaling kepada wartawan mengatakan kegiatan BNN Mimika mempunyai tiga pilar, yaitu melakukan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi. Dimana untuk pencegahan pihaknya telah melakukan penyebaran informasi Narkotika kepada seluruh elemen masyarakat mulai dari dilingkungan pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi.

Dalam penyebaran informasi ini sebanyak 4.263 orang yang disampaikan berkaitan dengan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Perbedaan Gelap Narkoba (P4GN), kemudian di lingkungan masyarakat sebanyak 35.760 orang, dilingkungan instansi pemerintah baik pemerintah TNI dan Polri sebanyak 644 orang dan dilingkungan swasta atau pekerja sebanyak 257 orang.

Penyebaran informasi P4GN ini dilakukan melalui media konvensional, online, media televisi, dan penyiaran, jadi kalau di jumlah dari jumlah yang ada itu sebanyak 40.924 orang.

"Ini kegiatan BNNK Mimika yang melakukan pencegahan,  pemberantasan, penyalahgunaan, peredaran gelap narkotika dan tentunya informasi ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Agar supaya seluruh elemen masyarakat tahu, mengerti dan paham P4GN terkait dampaknya, baik hukum, kesehatan sosial, dan ekonomi, "kata Mursaling.

Sementara di Bidang Pemberantasan BNNK Mimika untuk tahun tahun 2019 hanya berhasil mengungkapkan dua kasus Narkotika jenis sabu  dimana kasus ini berkaitan dengan UU narkotika nomor 35 tahun 2019.

“ Ada dua tersangka yaitu RH dan  RD dengan jumlah BB sebanyak 13 gram yang sudah diproses dan  berkas kedua tersangka tersebut sudah dilimpahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Timika.” Ungkapnya.

Untuk mengantisipasi pemyebarang Narkoba di mimika pihaknya telah melakukan tindakan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan urin  terhadap elemen masyarakat baik instansi atau masyarakat yaitu sebanyak 331 orang baik PN Timika, Pengadilan Agama, Yonif 754, Brigif, Prodi D3 kesling, perum damri, jobber, bea cukai dan BNNK Mimika pemeriksaan2 tahun sekali.

Sementara itu dari seksi rehabilitasi pihaknya telah  melakukan tim asesmen terpadu dimana tim ini melibatkan Polres, Kejaksaan, BNN dan pihak Lapas yaitu sebanyak 8 orang yang di TAT, dan kemudian melakukan asesmen medis sebanyak 37 orang dari target 25 orang.

"Tujuannya untuk melakukan pemeriksaan dini agar supaya kita bisa memastikan agar instansi lainnya bersih dari Narkotika," kata Mursaling. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika