Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Sekum Sub PB PON XX Klaster Mimika Honor Relawan Dan SDM Mimika Pasti Dibayarkan

Timika, Tabukanews.com - Mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman diantara para Relawan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pendukung dalam Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Oktober 2021 silam, Senin (01/11) digelar Jumpa Pers oleh Ketua Bidang SDM Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika, Agus H, Krey, SH didampingi langsung Sekum Sub PB PON XX Klaster Mimika, Cessar A. Tunya, SH., MH., M.Si  menegaskan bahwa terkait honorarium para Relawan PON XX di Klaster Mimika dan semua Sumber Daya Manusia (SDM) Pendukung lainnya sebanyak 3.892 orang itu akan pasti dibayarkan hanya memang harus sabar dinanti karena proses administrasi yang sedang dilakukan.

“Jadi ini bukan sekedar asal membayar sekian banyak orang tetapi kita juga memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan Administrasi dalam PON XX Papua kemarin di Klaster Mimika, selain Sukses Penyelenggaraan, Sukses Ekonomi dan Sukses Prestasi. Jadi melalui Jumpa pers ini memang harus disampaikan sebagai bentuksosialisasi kepada semua bahwa prosesnya sedang dilakukan dan kitab isa bersabar untuk proses realisasinya,” tutur Sekum Sub PN PON XX Papua Klaster Mimika, Cesar A. Tunya memberi arahan umum mendahului.

Dikatakan Sekum Cesar, dengan situasional seperti yang saat ini sedang berkembang maka Jumpa Press ini hendak dilakukan untuk memberi penekanan perkembangan terakhir dari proses administrasi terhadap honorarium dari para Relawan yang berjumlah 3.892 di Klaster Mimika itu.

Status terakhirnya itulah yang harus disampaikan, karena semuanya juga tahu kalua PON sudah selesai dengan baik dan luarbiasa penilaian orang yang sudah diketahui bersama juga. “Kita sukses itu merupakan dukungan semua stakeholders termasuk segenap masyarakat Mimika. Standart kesuksesan itu datang dari semua elemen terutama masyarakat di Mimika dan dari luar Mimika dan Papua secara umum. Jadi itu patut kita banggakan untuk menunjukkan kesiapan masyarakat di Mimika, pertama-tama yang sudah bersinergi dan berkolaborasi untuk bisa mendukung penyelesaian tugas even multi nasional ini. Itu yang patut kita banggakan,” ucap Cesar.

Paramaternya banyak sebenarnya, lanjut Cesar dan salah satunya adalah, dengan tidak adanya tindakan tindakan kriminal, kesantunan masyarakat terhadap tamu yang datang ke Mimika juga mendapatkan pujian luarbiasa. Semua itu sudah selesai hanya belum ada pers konference terkait apa saja yang belum disampaikan. Situasi kondusif ini di Mimika ini telah membuat Mimika menjadi tempat dilaksanakannya even nasional sekaliber PON, bahkan saat ini juga sementara dilaksanakan Pesparawi XIII se-Tanah Papua dan Konferensi Gereja KINGMI.

Termasuk masih ada beberapa pekerjaan terkait peralatan sebagai aset yang masih ada juga, yang baiknya bagaimana agar Mimika juga bisa mendapatkan asset-aset itu dan itu secara khusus Bupati Mimika selaku Ketua Sub PB PON XX Klaster Mimika sudah bersurat agar jangan dibawa atau dibagikan ke tempat lain tapi bisa tinggal di Timika agar bisa digunakan untuk pembinaan dan peningkatan prestasi. “Itu semua termasuk ada pekerjaan lainnya yang harus berkelanjutan yang jadi tanggung jawab kita di KONI untuk dilakukan Pembinaan dan Peningkatan Prestasi, termasuk honorisasi dari berbagai Bidang dan semua SDM Pendukung lainnya yang telah digunakan yang harus segera bisa diselesaikan,” ungkap Cesar memberi pemahaman.

Sementara dijelaskan Agus H. Krey bahwa, sejak selesainya PON, pihaknya sudah langsung melakukan aktivitas Administrasi untuk semua Relawan dan SDM Pendukung lainnya selama seminggu, bahkan hingga harus melakukan kerja Lembur. Pekerjaan dimaksudkan adalah  mencocokan data Absensi antara yang ada di Koordinator Bidang kerja maupun pada Penanggung Jawab Absensi mereka selama 20 hari kerja di berbagai Bidang.

Sekaligus juga, pihaknya mengajukan permohonan pembuatan  Rekening ke setiap Bank yang sudah ada Kerjasama dengan pihak PB PON Papua itu yang diakui Krey dan Bidang SDM ada sedikit kendala karena ada beberapa relawan itu Nomor KTP-nya misalnya, itu nama ibu kandungnya didapati tidak sesuai dan karenanya oknum Relawan bersangkutan harus dicari dan dikomunikasiam agar bisa dilengkapi. Kadang upaya menghubungi inilah yang cukup susah atau sulit.

Klaster lain juga alami hal yang sama dengan Klaster Mimika dan kendala yang sama adalah mencocokkan NIK dan Nama Ibu Kandung pada Relawan itu, namun pada tanggal 26 Oktober 2021 malam itu sudah lakukan proses penyerahan Data Absensi dan No Rekeningnya.

Akhirnya tanggal 27 Oktober 2021 telah diberikan Surat kepada Pimpinan Bank Papua yang saat ini masih terus berproses tetapi masih belum bisa dilakukan Penginputan oleh pihak Bank karena proses Clearingnya oleh Bank itu harus dilakukan serentak dengan semua klaster PON dan akhirnya di hari Jumat (29/10) bisa direalisasikan data empat klaster ini ke pihak bank-bank tersebut.

“Akhirnya pada hari ini mulai dilakukan Proses Penginputan oleh pihak Bank dan besok akan kami lakukan pemantauan untuk mengetahui terus sudah sejauhmana hal itu dilakukan, apakah bank sudah mengetahui data tersebut. Kalaupun sudah proses clearing juga jelas belum bisa langsung dilakukan karena berkaitan dengan data-data lainnya yang belum lengkap,” tutur Agus Krey. 

Kalau untuk dari PB PON, “Hari ini sudah dilakukan penginputan dimaksud tetapi mohon dimengerti juga bahwa yang akan diurus ini ada sebanyak 3.892 Relawan di Mimika. Ini juga jelas bukanlah hal yang mudah dilakukan karena harus dilakukan secara teliti agar terselesaikan dengan baik sehingga proses pembayarannya juga bisa segera dilakukan pihak Bank,” jelas Agus.

Mengakhiri penjelasannya, Baik Agus Krey bahkan Sekum Cesar A. Tunya berharap semua relawan dapat bersabar menunggu proses administrasi yang sedang dilakukan agar semua juga bisa segera melakukan aktivitas lainnya yang masih banyak tadi.

“Jadi prinsipnya honorarium itu akan pasti dibayarkan hanya semua kita diharap dapat menunggu agar proses administrasinya berlangsung teliti dan baik untuk proses pembayarannya. Kami juga akan terus memantau ke pihak Bank untuk mengetahui dan memberi update informasi kepada semua relawan di Mimika,” pesan Agus Krey. (***)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika