Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Sekelompok Warga Demo di Kantor Kampung Hangaiji

Timika, Tabuka,News.com - Sekelompok warga Kampung Hangaiji, SP 2 Distrik Mimika Baru mendatangi Kantor Kampung Hangaiji melakukan aksi demo Selasa(19/7/2021). 

Puluhan warga tersebut membawa tulisan di kertas yang berisi berbagai tuntutan yang disampaikan kepada aparat Kampung Hangaiji. 

Adapun tuntutan yang disampaikan dalam orasi tersebut adalah pertama mempertanyakan keberadaan kepala kampung yang menghilang selama satu tahun, kedua penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT)yang diduga hilang, ketiga dana untuk pembangunan yang tidak pernah transparansi, keempat aparat kampung Hangaiji memiki jabatan lain di tempat lain sehingga tidak fokus bekerja, kelima kantor kampung yang selalu tutup dan keenam keterbukaan informasi di kampung kepada masyarakat karena selama ini selalu tertutup untuk.

Koordinator aksi demo Jhony Kobogau, SE.MM  kepada wartawan usai melakukan aksi mengatakan bahwa kehadiran warga Hangaiji ke kantor Kampung Hangaiji adalah menuntut pelayanan yang lebih baik kepada masayarakat oleh aparat kampung. 

"Kami akan menunggu selama satu bulan ini kalau Kantor Kampung Hangaiji masih sepi, kami akan demo kedua kali dalam jumlah yang lebih besar," kata Jhony. 

Kepala Kampung Hangaiji Gerson Elieser Uanmang saat menerima masa aksi  di depan Kantor Kampung Hangaiji  mengatakan apa yang menjadi tuntutan dan aspirasi dari masyarakat diterima oleh pihaknya.

Namun dirinya menegaskan bahwa aspirasi yang disampaikan dalam orasi tersebut tidak semua benar.

Ia mengatakan terkait dengan tuntutan BLT, saat ini belum dicairkan. Dirinya membantah jika dana tersebut hilang ataupun sudah dipakai oleh aparat kampung seperti yang ditudingkan.

"Kalau saya buat salah saya tidak mungkin berani datang menghadapi bapak-bapak. Kalau kami sudah bawa uang BLT hilang mungkin kami tidak datang ketemu bapak ibu," kata Gerson saat menerima masa aksi di depan Kantor Kampung Hangaiji. 

"Kalau saya tidak salurkan BLT tetap akan ketahuan karena sudah ada yang kontrol kami. dibawa pengawasan, ada pendamping baik dari keuangan maupun DPMK," kata Gerson.

Gerson juga membatah bahwa dirinya menghilang selama satu tahun dan tidak menjalankan tugas secara transparan kepada masayarakat. 

ia mengatakan bahwa segala aktivitas pelayanan kepada masayarakat selama ini berjalan dengan transparan dan tidak ada hal- hal yang ditutup tutupi kepada masayarakat. 

"Saya ini tidak satu tahun hilang,karena ada duka keluarga jadi saya tidak datang ke  kantor. Selama saya tidak datang disini, saya dengan saya punya aparat koordinasi jelas, mereka datang di kantor, mereka  melayani masyarakat," kata Gerson. 

Bantahan terhadap tudingan masa aksi juga disampaikan oleh Sekertaris Kampung Hangaiji  Naftali Maisini, ia mengatakan bahwa tudingan yang mengatakan bahwa pelayanan Kantor Kampung Hangaiji tidak aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah tudingan tanpa dasar yang kuat karena selama ini pihaknya aktif memberikan pelayan kepada masayarakat. 

"Masalah keaktifan kantor itu menurut saya, di kantor ini kami aktif jam delapan sampai jam dua sore. Pelayanan untuk kami di kantor ini aktif untuk melayani masyarakat atau warga disini. Kalau pak kepala kampung ada keperluan di luar, pasti ada sekretaris, kalau sekretaris ada keperluan keluar, pasti ada kaur pemerintah,"kata Naftali. 

Ia menegaskan bahwa selama ini pengelolaan dana desa di Kampung Hangaiji dilakukan secara terbuka dan tidak ada hal  yang ditutupi sehingga jika ada tudingan tidak transparan adalah hal yang dinilai tidak tepat. 

"Pengelolaan dana desa juga dilakukan secara transparan tidak ada hal hal yang ditutupi,"kata Naftali. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika