Main Area

Main

Sekda Warning Keras 7 OPD Yang Belum Melaporkan Dana TU

TIMIKA, TABUKANews.com - Sekda Mimika, Ausilius You, SPd MM MH memberi warning cukup keras kepada semua pimpinan OPD untuk tidak main-main dengan laporan ini.  

Sedikitnya 17 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum melaporkan laporan pertanggungjawaban pemanfaatan dana Tambahan Uang (TU). 

“Ada sekian banyak dinas teknis yang mbelum menyerahkan laporan  dana TU 2017. Pimpinan OPD jangan masa bodoh dan harus lebih keras terhadap bawahan yang bertugas mengeloal uang ini. Segera masukan laporan, dan kalau tidak akan terlihat dalam pemerikasaan olej lembaga audit negara nanti,” kata You usai apel pagi di Sentra Pemerintahan, Senin (30/1). 

You menegaskan jangan sampai Sekretarsi Daerah Kabupaten Mimika memberi peringatan keras kepada 17 Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang belum mempertanggung jawabkan  Dana Tambahan Uang (TU) ini. 

“Hasil audit  dari BPK  sebanyak 17 OPD belum mempertanggungjawabkan TUnya sebanyak 39 Miliar. Kami sudah  sampaikan dari jauh-jauh hari sebelumnya untuk mempertanggungjawab dana TU dan dan-dana lainnya. Seharusnya pada 10 Januari lalu semua sudah mempertanggungjawabkan lapora itu,” kata Sekda You.

Sekda mendesak para pimpinan OPD untuk segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban terkait dana TU hingga 31 Januari. Yang tidak meindahkan desakan ini risikonya akan dia tanggung sendiri. 

Disampaikan Sekda, Hasil awal audit BPK 17 OPD ini belum mempertanggungjawabkan dana TU ini. Kalau sampai BPK turun lagi belum juga yang kasih masuk laporan BPK akan memberikan catatan termasuk bisa saja akan digiring keranah hukum. Insilahkan beru kepada para pimpinan OPD untuk segera mempertangung jawabakan dan TU tahtu bisa saja terjadi supaya pimpinan OPD lebih tegas dan lebih selektif dengan bawahannya. 

“Tolong sampaikan kepada pejabat-pegawai yang ikut berperan pada saat itu,  siapkan bukti bukti, siapkan dokumen,  laporan harus segera diselesaikan.  Pertanggungjawaban ini selalu kami sampaikan tiap apel pagi, apel siang  pada saat pimpinan rapat dengan OPD OPD.  Saya berikan batas waktu sampai dengan tanggal 31 Januari,” kata Sekda You.

Sekda mengatakan jika para pimpinan OPD tidak segera membuat laporan terkait dengan dana TU tersebut hal ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap laporan keuangan daerah dan tentunya ini berdampak pada hasil pemeriksaan awal yang sedang dilakukan oleh BPK. (dzy/tim)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika