Main Area

pesparawi xiii

Main

Sekda Marten Paiding Buka Persemi Cup 2

Sekda Mimika Marten Paiding saat membuka Turnamen Sepak bola Persemi Cup 2/Foto : tim

TIMIKA, tabukanews.com – Penjabat  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Marthen Paiding, pada, Sabtu (22/2) sore di lapangan Sepakbola Timika Indah membuka secara resmi  Turnamen Sepakbola ‘Persemi Cup 2 Tahun 2020’dengan memukul tifa bersama didampingi oleh Ketua Umum Persemi Mimika, Robby K Omaleng, Ketua Pimpinan dan anggota DPRD Mimika, sejumlah Pimpinan Forkopimda dan sejumlah pimpinan Oragnisasi Perangkat Daerah.

Selain Sekda Marthen Paiding, turut hadir diantaranya, Ketua Sementara DPRD Mimika, H. Iwan Anwar,SH, MH, Kapolres Mimika yang diwakili oleh Kabag Ops, AKP Andhyka Aer, Dandim 1710 Mimika Letkol TNI. L  Nainggolan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mimika,  M . Thoha, Ketua KNPI Mimika, Michael Gomar dan beberapa anggoata DPRD Mimika diantaranya, Mariunus Tandiseno, Herman Gafur,SE, Daud Bunga,SH serta tamu undangan lainnya.

Seremonial pembukaan Persemi Cup 2 berlangsung cukup meriah, diawali dengan devile dari 24 tim sepakbola, Drumbadn SMP Negeri 2, Penari Tradisional Suku Khas Kamoro, Panitia Pelaksana, Tim Medis dan Pengawas Pertandingan dan Wasit.

Diawali dengan Laporan Ketua Panitia Persemi Cup 2, Feydi Oroh , penyerahan Tropy bergilir dari kesebelasan Konica kepada Panpel, dan Pembacaan Sumpah janji wasit dan pemain.

Ketua Panpel Persemi Cup 2, Feydi Oroh  dalam laporannya mengatakan bahwa dalam turnamen Sepakbola Persemi Cup II (U-23) tahun 2020 diikuti oleh 24 kesebelasan yang dibagi dalam tim group. Turnamen ini menggunakan sistem gugur di leg pertama dan kedua. Di babak enam besar menggunakan sistem setengah kompetisi.

“Dengan segala keterbatasan, kami sangat mengharapkan dukungan semua pihak agar turnamen ini dapat menjadi hiburan menarik dan melahirkan talenta muda dan berbakat bagi masa depan sepakbola di Mimika,”harapnya Feydi.

Ketua Persemi Mimika yang juga Ketua Askab PSSI Kabupaten Mimika, Robby K  Omaleng dalam sambutannya mengatakan turnamen ini merupakan ajang untuk mencari pemain-pemain muda bertalenta  untuk direkrut masuk ke tim Persemi Mimika i.

“Beberapa mantan pemain Persemi sudah menjadi pemain liga II dan liga I bahkan ada yang memperkuat tim nasional. Kami harap para pelatih fokus membina para pemainnya agar suatu saat mereka dapat menjadi pemain profesional bagi Mimika, Papua dan Indonesia,” ujarnya.

Ia mengakui, Persemi Mimika dari tahun ke tahun terus berkembang menjadi lebih baik. Pada 2018 dan 2019 Persemi menjadi juara satu zona Papua. Tahun 2019 lolos ke babak 32 nasional. Tahun ini, mereka bahkan lolos ke babak 16 besar liga III.

“Kita sudah terdaftar sebagai anggota PSSI dan akan mewakili 16 tim liga III untuk mengikuti kongres di Bali,” ujarnya.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Marthen Paiding menyampaikan terimakasih kepada persemi yang telah menginisiasi kegiatan ini sehingga sepakbola boleh tumbuh dan berkembang di Mimika.

“Persemi Masuk 16 nasional adalah sesuatu yang harus kita syukuri. Kita punya potensi, anak-anak kita banyak yang bisa bermain bola. Kalian harus kembangkan ini menjadi satu profesi dan kebanggan bahwa kita Mimika mampu mencetak atlet sepakbola baik secar lokal maupun nasional. Saya percaya bahwa diantara kalian suatu saat ada yang akan membanggakan kita semua,” ungkapnya.

Paiding menambahkan, dalam pertandingan kekalahan merupakan hal yang biasa namun kemenangan adalah hal yang luar biasa. Namun kemenangan akan menjadi istimewa jika diraih dengan cara-cara yang baik, jujur dan sportif.

Kalian harus bertanding dengan jujur dan menjunjung tinggi sportifitas. Jika dari usia saat ini kalian mampu mengasanya, ke depan kalian akan menjadi pemain yang membanggakan kita semua. Wasit juga demikian, jangan sampai turnamen ini berjalan tidak kondusif karena wasit tidak adil dan tidak jujur,” harapnya.

Usai pembukaan Persemi Mimika, para tamu undangan dan ratusan warga masyarakat Mimika yang memadati Lapangan Timika Indah dihibur dengan partai eksebisi antara para mantan pemain pemain sepakbola yaitu, Persemi Allstar menghadapi Freeport Allstar yang dimenangkan oleh Freeport Allstar dengan skor tipis 1- 0.

Pertandingan perdana sesuai jadwal yang dirilis Panpel Persemi Cup 2 pada Minggu (23/2) sore ini di laga pertama akan berhadapana, Kesebelasan Jong Melanesia menghadapi Mimika United, sementara laga kedua saling bertemu kesebelasan SSB Timika Jaya Utama bentrok Bintang Timur FC. Kick Off laga pertama akan dimulai pukul 14.00 WIT, dilapangan Timika Indah. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika