Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Sejumlah OPD Pemkab Mimika Belum Serahkan RKA

Wakil Bupati Mimika, Yohannes Bassang/ Foto : Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com  - Wakil Bupati (Wabup) Mimika Yohannes Bassang, SE. M.Si menyayangkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mimika yang hingga kini belum mengumpulkan Rencana Kerja Anggaran (RKA) kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika setelah diberikan waktu seminggu untuk menyusun RKA tersebut.

"Kita lagi menanti supaya ABPD kita ini cepat selesai (ketuk palu). Tapi bagaimana mau selesai cepat kalau RKA belum dikumpulkan," kata Bassang dalam arahan pada saat apel gabungan di halaman sentra pemerintahan, Senin (12/3).

Ia menyebutkan, sebanyak 4 OPD dilingkungan Pemkab Mimika dan ditambah dengan 9 distrik yang belum mengumpulkan RKA. sejauh ini belum ada konfirmasi terkait penyebab keterlambatan pengumpulan RKA.

"Yang belum masukkan RKA sampai saat ini Dinkes, Diskop, Dinas Pariwisata, Setwan, Distrik Kuken, Distrik Tembagapura, Distrik Jita, Distrik Mikteng, Distrik Miru, Distrik Alama, Distrik Wania dan Distrik Hoya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, akibat kelalaian yang dilakukan oleh masing-masing OPD membuat APBD Mimika tahun 2018 belum juga ditetapkan oleh DPRD Mimika. Sebagai pimpinan di Mimika sering mengingkatkan kepada semua pimpinan ODP agar secepatnya diselesaikan penyusunan RKA, sehingga penetapan APBD tidak molor seperti tahun kemarin, namun kejadian serupa terulang ditahun ini.

"Ini dampak belum kumpul RKA akhirnya APBD kita digantung terus. Dan sering ada yang katakan pak wakil ini terlalu marah-marah tapi karena dampaknya seperti begini jadinya semua pelayanan kepada masyarakat menjadi tersendat," jelasnya.

Oleh sebab itu. Dirinya meminta kepada pimpinan OPD agar segera menyampaikan kendala yang dihadapi kepada pihak Bappeda agar bisa diberikan waktu beberapa hari kedepan untuk mengumpulkan RKA yang telah disusun.

"Saya harap pimpinan OPD dan Kadistrik untuk tanya kendalanya dimana," pintanya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika