Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Sejumlah Anggota DPRD Periode 2019-2024 Palang Kantor DPRD

Timika, TabukaNews.com - Sejumlah Anggota DPRD Periode 2019 – 2024 melakukan aksi palang pintu gerbang masuk Kantor DPRD Mimika Jalan Cenderawasih pada hari Selasa, (07/09/2021) dengan alasan kantor itu beroperasi untuk melayani kepentingan pekerjaan DPRD Mimika, yang kini sedang menanti SK pengaktifan kembali keanggotaan DPRD Mimika dari pihak Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Gubernur Papua.
Aktifitas di dalam kantor itu termasuk Sekretariat DPRD dan operasional petugas pembersihan dan keamanan diminta untuk dihentikan mulai 7 September sampai batas waktu yang belum ditentukan.
Kepada awak media, Legislator asal Demokrat Marthinus Walilo menyoroti sudah sejauh mana upaya Pemkab Mimika dalam menyelesaikan polemik status keanggotaan DPRD di Kabupaten Mimika, yang sebenarnya sudah dibahas bersama di Jayapura beberapa waktu lalu.
Menurutnya, sudah tidak ada masalah antara dua keanggotaan DPRD Mimika yang sekarang dan yang terdahulu, karena proses dan status hukum keanggotaan DPRD Mimika 2014-2019 sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht dan sudah diselesaikan dengan mengembalikan harkat dan martabat semula serta menyelesaikan pembayaran hak-hak melekat terkait.
Walilo mewanti Pemkab Mimika untuk tidak menggunakan Peraturan Bupati atau Perbup dalam menetapkan APBD Perubahan 2021, lantaran DPRD Mimika dan Tim Anggaran Pemkab Mimika telah melaksanakan pra pembahasan APBD Perubahan itu sehingga tinggal dibawa ke Paripurna penetapan.
Kini yang menjadi fokus penyelesaian polemik itu tinggal untuk menelusuri SK Gubernur Papua terkait pengaktifan kembali DPRD periode sekarang, sehingga roda kepemerintahan bisa maksimal kembali, apalagi dalam menghadapi dua iven besar PON 20 Papua di Klaster Kabupaten Mimika dan Pesparawi 13 Tanah Papua di mana Mimika menjadi tuan rumah.
Marthinus Walilo Legislator DPRD Mimika Periode 2019-2024 menambahkan, bila tidak ada keseriusan pemerintah daerah untuk mengupayakan pengaktifan kembali keanggotaan mereka, maka ia akan mengerahkan massanya agar Kantor Bupati Mimika juga ditutup, sehingga sama-sama tidak ada aktifitas pemerintahan.
Walilo mengklaim aksi mereka juga mendapat dukungan dari Anggota DPRD Mimika periode sebelumnya terkait pengaktifan kembali dan juga dana pembayaran hak sudah masuk di draft rencana APBD Perubahan 2021.
Selain Marthinus Walilo, turut bersama dalam aksi palang jalan masuk itu Anggota DPRD Mimika Periode 2019-2024 lainnya seperti : Sasiel Abugau, Nurman Karupukaro, Amandus Gwijangge dan Miller Kogoya. Aksi itu membuat para staf dan petugas di kantor DPRD Mimika tidak bisa masuk kantor dan akhirnya kembali ke rumah. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika