Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Sejak Dilantik 2019 Silam, Pimpinan Dewan Menggunakan Mobil Rental

Timika,TabukaNews. com - Sejak dilantik Tahun 2019 lalu hingga saat ini tiga pimpinan DPRD Mimika (Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II) beserta Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masih menggunakan mobil rental sebagai kendaraan operasional mereka.

Belum diketahui penyebab yang membuat sampai  pengadaan kendaraan operasional bagi pimpinan DPRD dan AKD belum terealisasi hingga saat ini. Padahal, pengadaan kendaraan operasional untuk Wakil Bupati Mimika dan sejumlah pimpinan OPD bersamaan kendaraan operasional pimpinan Dewan dan AKD.

“Selama ini kendaraan yang kami pakai itu kendaraan rental kemudian dipasang plat nomor pimpinan,” kata Wakil Ketua II Yohanes Felix Helyanan kepada wartawan  di ruang kerjanya, Senin (12/4).

Dikatakan, usai pengambilan sumpah janji sebagai pimpinan dewan, ada anggapan bahwa penggunaan mobil rental untuk kendaraan operasional tidak akan lama, karena pasti sudah pengadaan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dab Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, namun sampai satu tahun lebih tidak terealisasi.

Dijelaskan, menyewa mobil rental untuk pimpinan dewan, tentu pemerintah membuang anggaran yang besar ketimbang pengadaan mobil.

“Ini yang saya pertanyakan ke sekretariat daerah itu mereka pengadaan kendaraan dinas untuk wakil bupati dan pimpinan OPD sudah datang semua dan tidak ada halangan, tetapi kami punya itu masih ada di PT Hasrat Abadi," jelasnya.

Menurutnya ini terkesan pimpinan dewan tidak memiliki kekuatan sehingga kepentingan dewan tidak terakomodir, setelah kepentingan pemerintah telah dilaksanakan oleh dewan.

“Kami ini yang tetapkan anggaran, kami yang bahas, kami ini yang ketuk palu. Tapi kepentingan kami tidak diakomodir oleh pemerintah," bebernya.

Ia berharap, pihak Setwan berkoordinasi dengan BPKAD agar kendaraan operasional pimpinan dewan segera direalisasikan. (ale)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika