Main Area

pesparawi xiii

Main

Sebentar Lagi Caleg Mimika Terpilih Ditetapkan

Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola / Tim Tabukanews.com

 

Timika, TabukaNews. com – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Mimika dinyatakan tidak masuk dalam daftar registrasi pada Mahkama Konstitusi sehingga dianggap bebas sengketa, maka ddiperkirakan awal Agustus ini KPU Kabupaten Mimika akan melaksanakan pleno penetapan caleg terpilih dan kursi dewan periode 2019-2024.

 

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola saat dihubungi Minggu (28/07/19),  mengatakan KPU RI telah memerintahkan agar setiap Kabupaten segera melaksanakan pleno penetapan.

 

“saat ini sedang mempersiapkan jadwal. Saya akan segera arahkan agar rekan-rekan di KPU bisa rapat dan menentukan kapan kita plenokan. Tapi yang jelas harus secepatnya dan kemungkinan awal Agustus," ungkap Indra. 

 

Menuturkan, memang sebelumnya ada beberapa surat edaran dan tafsiran untuk Mimika, tapi sebetulnya itu tidak bermasalah karena pada surat edaran yang pertama mengatakan bahwa berdasarkan fakta hukum, untuk setiap kabupaten yang tidak masuk dalam registrasi sengketa di MK berarti dianggap tidak bermasalah sehingga langsung melaksanakan penetapan. 

 

Lebih lanjut Indera menjelaskan, Pada sidang pertama MK memutuskan bahwa Kabupaten Mimika masuk dalam dis misal,  dalam artian meski teregistrasi, tetapi tidak bisa dilanjutkan dengan sidang pembuktian dan pemeriksaan saksi karena alat bukti, keterangan dan dalil dari setiap pemohon tidak kuat atau lemah sehingga tidak dilanjutkan dengan sidang pembuktian saksi lanjutan.

 

"Memang Mimika teregistrasi sebagai Kabupaten sengketa, tapi tidak dilanjutkan dalam sidang MK karena masuk dalam kategori dis misal," jelasnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika