Main Area

Main

Sebarkan Pesan Kebencian Melalui FB, Pere Lapor PP ke Polisi

Ibu Pere Murib didampingi Pengacaranya saat melaporkan kasus penghinaan melalui Facebook ke Unit Pelayanan Polres Mimika, Jumat (27/4) / Foto : dok Tabukanews.

TIMIKA, TABUKANews.com - Akun  Facebook (FB) atas nama Piyaye Putri (PP) diduga menyebar pesan kebencian dan penghinaan terhadap Bupati Mimika Eltinus Omaleng membuat keluarganya geram dan akan melapor ke polisi. Saat mendatangi Polres Mimika Istri Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Pere Murib di dampingi Kuasa Hukum Omtob,  Ansel Serath, SH. 

Dalam konsultasi istri Bupati Omaleng,  Pere Murib saat mendatangi Reserse Polres Mimika, Jumat (27/4) jam 12.35 WIT mengatakan dirinya bersama kuasa hukum Omtob mendatangi Polres Mimika dengan tujuan konsultasi sekaligus ingin melapor akun FB atas nama PP (nama FB) sedangkan nama sebenarnya adalah Hendrike Makai  (HM).

Menurut Pere, dirinya berteman FB dengan PP alias HM  sejak lama.  Dan sejak  Bupati Omaleng menyatakan kesediaannya untuk maju lagi dalam pilkada, status dan komentar  PP alias HM di FB selalu buruk. Selalu memuat pesan penghinaan dan kebencian terhadap Bupati Omaleng. 

“Dia selalu muat status dan komentar di FB tentang Bapak itu tidak ada benar.  Dia selalu menghina-hina bapak dengan komentar-komentar yang sangat pedas dan tidak etis. Kami merasa ini sangat keterlaluan sehingga kami mendatangi Reskrim Polres Mimika untuk berkonsultasi sekaligus melapor oemilik akun FB atas nama PP alias HM,” kata Pere.

Pere mengatakan, dengan laporan ini diharapkan yang bersangkutan sadar dan tidak semena-mena menghina dan menyebar pesan-pesan kebencian terhadap orang lain, apalagi terhadap Bupati Mimika.  Dengan adanya laporan ini bisa menjadi efek jera buat yangbersangkutan dan juga kepada yang lain kalau menghina dan menyebar kebencian terhadap orang lain melalui media sosial (medsos) akan kena sanksi hukum sesuai ketentuan UU ITE.    

Sementara Kuasa Hukum Omtob yang mendampingi Ibu Pere Murib, Ansel  Serath, SH mengatakan, pihaknya sudah bertemu  salah satu penyidik. Saat bertemu pihaknya masih berkonsultasi dan melihat dulu isi konten yang terteara dalam status maupun pesan FB yang dikomentari PP alias HM. Hasil konsultasi tersebut,  Ibu Pere sebagai pelapor bersama kuasa hukumnya akan membuat surat kepada Kapolres Mimika berkaitan dengan persoalan ini. 

"Kami sudah buat surat dan hari ini kami akan lapor yang bersangkutan ke Polres Mimika.  Biar di depan penyidik yang bersangkutan bisa mempertanggungjawabkan semua pesan-pesan kebencian dan penghinaan yang dia sampaikan melalui akun FB nya yang ditujukan kepada Bupati  Mimika,” kata Ansel.

Ansel mengakui,  saat dirinya mendatangi Polres Mimika  belum ada tim IT dan penyidiknya. Sehingga pihaknya harus menunggu ahli IT dan penyidiknya, karena mereka yang paham soal ketentuan-ketentuan pelanggaran UU ITE  jika seseorang menyebarluaskan pesan penghinaan dan kebencian. 

"Sebagai pelapor kami meninggu penyidik karena ini khusus berhubungan dengan masalah IT sehingga besok(hari ini) baru kami datang lagi untuk menyerahkan surat kepada Pak Kapolres sekalgus melaporkan pemilik akun FB, PP alias HM,” jelas Ansel.   (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika