Main Area

Main

Satpol PP Lanjutkan Pembersihan Semua Baliho dan Spanduk

Anggota Satpol PP saat menertibkan alata peraga dari beberapa pasangan calon / Foto : dok- Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Mimika hari ini, Jumat (20/4) akan melakukan pembersihan semua baliho, spanduk, umbul-umbul pilkada yang masih tersisa di beberapa ruas median jalan.

Selain di median jalan, pembersihan juga dilakukan di semua aset pemerintahan  seperti perumahan pemda, rumah sakit, perkantoran, rumah ibadah dan sekolah.

Hal tersebut dilakukan karena  pembersihan, Rabu (18/4) kemarin, belum semua dicopot. Di beberapa median jalan dan fasilitas pemerintah, sebagian spanduk, baliho dan umbul-umbul empat bakal calon independen, masih berdiri kokoh.

"Hari ini kita copot semua. Lanjutan dari kamis kemarin. Ini aturan yang harus kita lakukan dan saya minta maaf kepada semua bakal calon. Ini juga berdasar pada permintaan panwaslu," ujar Kasatpol PP Mimika Welem Naa, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (20/4) pagi ini.

Welem Naa mengatakan, setelah dibersihkan, pihaknya akan mengembalikan semuanya ke panwaslu.

Ia mengatakan, aturannya pemasangan spanduk pilkada seharusnya berjarak 50 meter dari sarana dan prasarana pemerintah. Di median jalan, tidak diperbolehkan sama sekali.

"Kami juga sudah komunikasi dengan bawaslu provinsi terkait aturan ini. Tapi ini aturan lama. Pemasangan baliho dan spanduk politik dari awal bisa dikoordinasikan antara pasangan calon, KPU dan panwaslu. Juga melibatkan beberapa SKPD terkait, termasuk kami untuk mensosialisasikan titik-titik pemasangan. Tapi KPU tidak pernah lakukan ini. Hari ini kita bersihkan semuanya," jelasnya.

Sebelumnya, pada Rabu kemarin, Satpol PP sudah mencopot sejumlah spanduk, baliho dan umbul-umbul  dibeberapa ruas jalan. Diantaranya Jalan Ahmad yani, Belibis, Trikora, Yos sudarso, Hasanuddin,  hingga arah sp 1. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika