Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Satgas TMMD Kerjasama Dengan Disnak Adakan Penyuluhan Kesehatan Ternak

Penyuluh saat melakukan penyuluhan kepada warga terkait kesehatan ternak babi/Istimewa

Timika, Tabukanews.com - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1710/Mimika bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Mimika mengadakan penyuluhan kepada warga kampung Mandiri Jaya tentang kesehatan ternak yang berlangsung di kampung Mandiri Jaya, Kamis (18/7).

Kasi Pengamatan Pelayanan Penyakit Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Mimika Ibrahim Sanda Sakke usai penyuluhan mengatakan, Disnak Kabupaten Mimika melalui Seksi Pengamatan Pelayanan Penyakit Hewan dipercayakan untuk melakukan penyuluhan di kampung Mandiri Jaya tentang cara beternak dan kesehatan babi.

"Materi yang kita sampaikan tadi mengenai cara beternak babi," kata Ibrahim ketika ditemui di balai kampung Mandir Jaya, Kamis (18/7).

Ia menjelaskan, kampung Mandiri Jaya merupakan kampung yang baru dibentuk dan warganya hampir semua memiliki ternak, namun sejauh ini masyarakat belum mengetahui cara pendeteksi gejala dan cara penanganan hewan yang terkena penyakit, dengan adanya kegiatan TMMD, pihak TNI bisa bekerjasama dengan Disnak untuk melakukan penyuluhan kepada warga.

"Desa ini (kampung Mandiri Jaya) merupakan desa baru yang mungkin pernah dapat bantuan tapi belum pernah ke dinas untuk melapor bagaimana keadaan ternak mereka sehingga di programkan oleh TMMD untuk ada penyuluhan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, disela-sela sesi tanya jawab, ada beberapa warga yang meminta adanya bantuan berupa pakan dan ternak, namun dirinya sebagai perwakilan dari Disnak hanya bisa menampung dan menyampaikan kepada pimpinan agar bisa disampaikan kepada Bappeda, atau bisa diusulkan pada saat Musrenbang tingkat kampung maupun Musrenbang tingkat Distrik.

"Kedepan kalau mereka mau bisa masukkan proposal dan bisa diusulkan ke Bappeda. Karena itu semua melalui Musrenbang," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kampung Mandiri Jaya Natalis Weya menyambut baik kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Disnak yang bekerjasama dengan TMMD.

Banyak warga baru mengetahui bagaimana cara mendeteksi penyakit dan cara penangananya. Selama ini warga sering memberi makan ternak yang sakit tersebut dengan daun jambu.

"Kami baru tahu, biasa itu kami warga kasih daun jambu saja untuk ternak makan," katanya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika