Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Satgas Nemangkawi Bekuk Pelaku Penyebar Ujaran Kebencian

Timika, TabukaNews.com - Satgas Siber Operasi Nemangkawi  menangkap LW di terminal lama  Entrop, Jalan Abepura, Kecamatan Entrop, Kota Jayapura Selasa (26/5).

LW melalui akun Facebooknya diduga melakukan tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

Dari tangan Pelaku petugas mengamankan satu buah handphone Vivo 2019 berwarna biru dengan silikon handphone berwarna bening polos dan SIM Card telkomsel. 

Adapun kronologis peristiwa menyebutkan bahwa LW  dalam postingan di akun Facebooknya  pada tanggal 19 Februari 2021 LW memposting  ujaran kebencian yaitu dimana dalam postingannya tersebut LW menuding pemerintah Indonesia melalaui TNI-Polri  melakukan tindakan pemusanaan etnis rumpun melanesia. 

Pada tanggal 16 Februari 2021 pelaku memposting ujaran kebencian yaitu dimana LW menyebutkan bahwa semboyan negara Bineka Tunggal Ika hanya slogan saja karena tidak menghormati budaya dan adat istiadat west Papua

Pada tanggal 16 Januari 2021 LW  kembali memposting lagi yaitu terbaik yang bisa dilakukan secara massif saat ini adalah merebut nasionalisme warga pribumi diakar rumput. 

Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Al Qudussy  dalam keterangan tertulisnya Rabu (26/5) membenarkan adanya penangkapan terhadap pemilik akun Facebook atas nama LW. 

"Saat ini pelaku sudah diamankan oleh petugas di Direktorat Kriminal Khusus Unit Cyber Polda Papua dan sedang dilakukan pemeriksaan," kata Iqbal. 

Iqbal mengatakan atas perbuatan itu, pelaku akan disangkakan dengan tindak pidana ITE yaitu setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU RI No.19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No.11 tahun 2008 tentang ITE.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika