Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Sasarari : OPD Pengguna DAK Harus sampaikan Review Kepada Ispektorat

Kepala Inspektorat Mimika Yulius Sasarari/Foto : Tim

Timika,Tabukanews.com - Memasuki hari terakhir penyerahan review penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mimika yang merupakan selaku pengguna DAK harus segera menyelesaikan dan menyampaikan review kepada Inspektorat Kabupaten Mimika karena hari ini (kemarin) merupakan hari terakhir penyerahan review.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob untuk mengingatkan para OPD saat apel pagi, Selasa (21/1).

Kepala Inspektorat Mimika Yulius Sasarari mengatakan  review tersebut yaitu terkait dengan bukti pembayaran apakah sudah selesai atau belum dan untuk program-program baru yang akan di bawa ke kementerian tahun 2020.

“Bagaimana pembayaran sudah terealisasi atau tidak, dari kegiatan tahun 2019 itu kegiatan –kegiatan DAK itu mereka sudah diselesaikan  tidak seluruh OPD yang mendapatkan dana DAK tersebut,” tutur Sasarari di kantor pusat pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (20/1).

Terkait berapa OPD yang belum menyampaikan Sasarari mengatakan bahwa pihaknya masih belum mengetahui, pihaknya menjelaskan pihaknya masih menunggu laporan dari pihak Bappeda hal tersebut dikarenakan laporan tersebut OPD melaporkan kegiatan realisasi kemajuan pekerjaan sampai akhir tahun kepada Bupati, Sekda dan Bapeda selaku perencaana pembangunan terus kepada BKAD selanjutnya ke inspektorat.

“Laporan sampai hari ini terkait dengan realisasi itukan belum ada sampai kepada kami dan yang tahu itu Bapeda dan Keuangan, nanti pada saat pemeriksaan kami baru minta data dari Bapeda,”jelasnya.

Sasarari menambahkan bahwa keterlambatan penyampaian Review tersebut akaan mempengaruhi tahun anggaran berjalan, tetapi menurutnya jika tahun anggran yang lalu seklesai ya tidak mempengaruhi sama sekali.

“Yang berdampak itu yang tahun anggaran berjalan, conto tahun anggaran 2020 sampai bulan maret transfer pertama tidak terealisasi maka itu berdampak pada dropingan pertama,”ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika