Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Saleh : Reses itu Dewan Mengikat Janji dengan Warga

Timika, TabukaNews.com - Kegiatan Reses yang dilakoni para anggota DPRD Mimika merupakan sebuah ikatan janji antara wakil rakyat dengan warga konstituen yang tertuang dalam Pokok Pikiran (Pokir) Dewan. Sehingga Pokir Dewan itu harus diakomodir pemerintah agar bisa menghasilkan program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan rakyat.

Anggota DPRD Mimika, Saleh Al-hamid menggelar Reses Tahap Satu Tahun 2021 yang dilakukannya di Kelurahan Kebun Sirih pekan kemarin, warga menitipkan sejumlah aspirasi di antaranya peningkatan infrastruktur Jalan Sosial, yang masuk dalam wilayah kota namun jalannya masih terbengkalai.

“Selain itu warga juga minta pemerintah menanggulangi banjir dengan membangun sistem drainase yang memadai, seperti memasang gorong-gorong agar saat hujan air bisa mengalir ke tempat lain tidak menggenangi daerah pemukiman warga,” katanya kepada awak media (9/4)

Di Kelurahan Kebun Sirih tepatnya di RT 18, kata Saleh, ada sekitar 60 KK yang terpaksa pindah dari rumahnya karena genangan air yang tidak kunjung surut meski sudah tidak hujan. Warga juga meminta diakomodir dalam program bantuan pembangunan perumahan rakyat oleh dinas terkait.

“Terhadap aspirasi warga ini, saya akan memasukkan dalam Pokir Dewan. Mendorong pemerintah merealisasi Pokir ini karena merupakan sebuah ikatan janji dengan warga konstituen. Nanti bisa-bisa kita dicap pembohong kalau tidak ada realisasi,” tegasnya.

Saleh Al-hamid yang merupakan Sekretaris Komisi C DPRD Mimika asal Partai Hanura itu menambahkan, ia mendorong Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mimika untuk bersinergi dengan DPRD. Bisa turun langsung di lapangan terhadap kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang infrastruktur.

“Lewat Turlap bersama, OPD bisa membuat program sesuai kebutuhan warga. Dan selanjutnya menjadi tugas Anggota DPRD untuk membahas dan mengesahkan program yang pro rakyat itu ke dalam dokumen APBD pemerintah,” bebernya.

Hal ini semata-mata untuk kepentingan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara bangsa dan daerah yang telah memberikan hak suaranya memilih pimpinan daerah dan para wakil rakyatnya di Kabupaten Mimika. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika