Main Area

Main

Salah Gunakan Ijin Tinggal, Penata Rambut Asal Kamerun Dideportasi Dari Timika

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika,  Selasa (24/9/19),  mendeportasi satu warga negara asal Kamerun,  atas nama Nguetse Zangue Elvige Flora (Pr)/Foto : Tim Tabukanews. com

Timika, TabukaNews. Com - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika,  Selasa (24/9/19),  mendeportasi satu warga negara asal Kamerun,  atas nama Nguetse Zangue Elvige Flora (Pr), yang sebelumnya telah melakukan tindak pidana keimigrasian menyalahgunakan izin tinggal di Timika,  Kabupaten Mimika. Papua. 

Sebagaimana diatur dalam pasal 122 huruf a UU RI No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Yang bersangkutan divonis bersalah sesuai putusan Pengadilan Negeri Timika No. 50/Pid.B/2019/PN.Tim, tertanggal 13 Juni 2019, serta telah menjalani hukuman selama 7 (tujuh) bulan kurungan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika,  Jesaja Samuel Enok mengatakan yang bersangkutan telah selesai menjalani hukuman pada Kamis, 12 September 2019, sesuai surat Lepas dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Timika nomor W30.EJ.PK.02.02-267/IX/2019, dan telah diserahterimakan dari Lapas Timika kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika pada hari yang sama. 

“berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku maka Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika melakukan pendeportasian ke negara asalnya. “ Jelas Jesaja Enok,  dalam Release Humas Imigrasi Kelas  II TPI Mimika,  yang diterima TabukaNews. Com. 

Menambahkan,  pada hari Selasa, 24 September 2019 flora diterbanhkan dengan rute Timika – Bali – Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GA653) dan dilanjutkan dengan pesawat Ethiopian Airlines (ET629) melalui TPI Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan rute Jakarta – Bangkok - Kamerun, dan nama yang bersangkutan dimasukkan ke dalam daftar Penangkalan.

Seperti diketahui sebelumnya, yang bersangkutan ditangkap oleh satuan Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika karena menyalahgunakan izin tinggal kunjungan untuk bekerja sebagai Penata Rambut di sebuah salon di Kota Timika.  (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika