Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Sah,Warga Madura Timika Dukung OMTOB

Warga Madura di Timika saat berdialog dengan Calon Wakil Bupati Johannes Rettob,di Jalan Belakang Hotel Serayu Timika, Jumat (13/4) malam lalu . / Foto : Dok Tabukanews.com

Timika, TABUKANews.com - Warga Madura melalui organisasi guyubnya, Kerukunan Keluarga Madura (KKM) Timika menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Eltinus Omaleng - John Rettob (OMTOB) dalam Pemilukada serentak 2018.

Pernyataan dukungan penuh itu mencuat saat acara bertajuk silaturahmi KKM dan ONTOB di basis warga Madura Timika di kompleks belakang Hotel Serayu, Jumat (13/4) malam. Ketua KKM, Nur Irfan di hadapan warganya dan tim pemenangan OMTOB lugas mengatakan, warga Madura Timika siap memenangkan OMTOB.

"Kami sepenuh hati mendukung OMTOB untuk melanjutkan kepemimpinan periode 2018-2023. Kami masih butuh bantuan dan perhatian karena kami adalah bagian masyarakat mimika," kata Ketua KKM, Nur Irfan dalam sambutannya.

Ia menyebut, jumlah Kepala Kelurga (KK) warga Madura yang tercatat resmi di KKM sebanyak 1.875. Jumlah KK tersebut hanyalah yang rutin menyetor iuran bulanan di KKM. Jumlah KK KKM natanya, jauh melampaui angka 1.875.

John Rettob yang hadir bersama istrinya dan ibu Kalina Omaleng, di hadapan seluruh warga  Madura yang hadir menyampaikan terima kasih. Apalagi warga KKM telah ikut mendukung OMTOB bahkan sejak deklarasi dan pendaftaran di KPUD Mimika.

Tekad maju sebagai wakil bupati, mendampingi Eltinus Omaleng yang adalah putra asli Mimika, ungkap John, merupakan panggilan tugas sebagai salah seorang anak perintis di wilayah Kabupaten Mimika. Orang tua John Rettob datang mengabdi di wilayah Mimika pada 1939, sebelum Indonesia ada secara dejure.

Kepada warga KKM, ia mengatakan akan lebih memperhatikan basis warga Madura Timika di kompleks belakang Hotel Serayu yang kali pertama ia datangi.

"Semua suku bangsa ada di Timika, ayo kita jaga solidaritas swmua suku dan kalangan golongan. Jga toleransi agama. Daerah aman, kita hidup damai dan kita menuju sejahtera," pesan John.

Dalam sesi dialog, tokoh masyarakat KKM mengatakan warga madura merupakan kelas menengah ke bawah. Dengan kondisi demikian, masih banyak warga Madura Timika yang belum punya rumah hunian layak. Kepada John Rettob, warga Madura meminta bantuan agar secara perlahan, mereka memilki rumah layak seperti warga lainnya.

Tokoh masyarakat yang lain mengingatkan, jika OMTOB terpilih, jangan hanya memperhatikan kelompok atau golongan tertentu, apalagi sampai terlena dengan jabatan lalu melupakan orang atau rakyat kecil.

Merespon hal itu, John Rettob mengatakan tidak pernah menjanjikan yang muluk-muluk kepada warga. Ia memilih membicarakan hal-hal yang realistis dan bisa dikerjakan. Soal bantuan perumahan misalnya, hal itu bisa saja dilakukan, apalagi program rumah sehat yang murah masuk dalam program nawacita pemerintahan Presiden Jokowi.

John mengatakan, sangat menyadari bahwa orang-orang kecil memiliki andil besar atas terpilihnya pemimpin, bupati dan wakil bupati. Untuk itu, OMTOB telah merencanakan, akan membangun Center OMTOB untuk menampung seluruh aspirasi warga. Posisi OMTOB Center akan berada di pusat kota, sehingga mudah diakses warga.

OMTOB ungkapnya, bercita-cira menjadikan  Timika sebagai miniatur toleransi beragama. Ke depan, orang lain bisa belajar bagaimana hidup bertoleransi di Timika. Sebab itu OMTOB tetap mengusung visi "Membangun Mimika yang Aman Damai Sejahtera".

Kalau kita bisa hidup aman dan damai otomatis kesejahteraan akan datang. Para investor akan datang, lapangan pekerjaan terbuka, seluruh warga bisa sejahtera. Kita hidup saling membutuhkan. Maka mari saling bergandengan tangan menjaga daerah ini. Terima kasih atas dukungannya. Ajak keluarga pilih OMTOB pada 27 Juni nanti," pesan John. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika