Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

RSUD Mimika Terakreditasi Bintang Lima

TIMIKA, TABUKANews.com - Setelah  melewati perjuangan panjang,  akhirnya RSUD Mimika kini menyandang status akreditasi paripurna atau bintang lima yang sebelumnya masih berstatus akreditasi madya atau bintang empat.

 

"Terhitung November tanggal 27 sampai 29. Itu kan kita penilaian pertama masuk  bintang empat, tapi kita maju lagi dan April kemarin jadi bintang lima, sudah paripurna," kata Direktur RSUD Mimika, dr Evelyn Pasaribu kepada wartawan, Jumat (10/8).

 

Bukan perjuangan mudah mendapat akreditasi paripurna,  dr Evelyn menyebutkan, terdapat 16 Pokja atau bab standar pelayanan yang akan dicermati oleh Tim penilai (surveyor) indpenden dari Kementerian Kesehatan.

 

"Semua bab itu minimal nilainya 80 persen," katanya.

 

Saat ini, manajemen sedang mendorong RSUD Mimika terupgrde dari type C ke type B. Apalagi saat ini RSUD Mimika ditetapkan menjadi rumah sakit regional bagi beberapa kabupaten tetangga.

 

Menuju ke type B, RSUD Mimika masih butuh penambahan ruangan dan tenaga medis termasuk dokter spesialis. Bahkan sampai sekarang, RSUD Mimika belum memiliki dokter spesialis rehab medik. 

 

Saat ini, RSUD Mimika memiliki 19 dokter spesialis,  20 dokter umum dan sekitar 250 perawat. Untungnya, seluruh tenaga kesehatan di RSUD Mimika berijazah minimal D3 sebagaimana standar yang diatur dalam Undang-Undang  Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan (Nakes).  Jenjang pendidikan di bawah D3 hanya disebut asisten tenaga kesehatan.

 

"Tenaga sudah sesuai standar, minimal D3.  Mereka sudah ikut RPL, sudah selesai," kata dr Evelyn.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika