Main Area

Main

Rp 6 Miliar Untuk Pelantikan DPRD Mimika Berlebihan

Anggota DPRD Mimika Karel Gwijangge/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Anggota DPRD Mimika Karel Gwijangge menilai anggaran senilai Rp 6 miliar lebih yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk pelantikan keanggotaan DPRD Mimika terlalu berlebihan dan terkeson pemborosan.

J”adi kalau anggaran pelantikan itu 6 miliar itu acaranya seperti apa.? Apakah acaranya sama dengan pelantikan presiden, atau acaranya seperti apa,” kata Karel saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Senin (4/11).

Menurutnya, selama beberapa kali pelantikan DPRD di Mimika, Pemkab Mimika tidak pernah mengeluarkan anggaran untuk pelantikan, terkesan hanya menghambur-hambur uang rakyat untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Pelantikan anggota dewan dan pemerintah mau fasilitasi dinilainya aneh, dan tidak boleh. Baru mau dilantik kita sudah mencoba korupsi uang rakyat.

“Karena yang selama ini jalan, kecuali pelantikan bupati, kalau pelantikan dewan itu saya pikir hambur-hambur uang, Pesan nasi kotak sekian, tidak butuhkan tenda, gedung dewan ini sangat siap untuk acara pelantikan, kita butuhkan spanduk,” ” terangnya.

Ia menjelaskan, pelantikan DPRD tidak perlu mewah, cukup pengucapan sumpah janji dan penyediaan nasi kotak untuk tamu undangan, selanjutnya menjadi tanggung jawab masing-masing dewan menggunakan uang sendiri apabila mau melaksanakan syukuran bakar batu.

“Kalau mau pesta itu tanggung jawab pribadi anggota dewan, dan tidak harus dibiayai oleh masyarakat melalui APBP,” jelasnya.

Apabila anggaran tersebut digunakan, maka memberikan peluang bagi pihak penegak hukum untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait penggunaan anggaran tersebut. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika