Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Robby Omaleng : APBD Perubahan Mimika Tahun Anggaran 2020 Tidak Ditolak Tetapi Dirasionalkan

TIMIKA - APBD Perubahan Kabupaten Mimika tahun anggaran 2020 tidak ditolak tapi diminta untuk dirasionalkan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Papua.  

Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng dalam Jumpa Pers di Timika, Jumat (30/10) meluruskan pemberitaan yang beredar di Kota Timika terkait ditolaknya APBD-P Mimika, Tahun Anggaran 2020. Dijelaskan Robby, tidak ada penolakan dari pihak Pemerintah Provinsi Papua, melainkan hanya rasionalisasi terhadap mata anggaran yang ada didalam APBD-P 2020. 

 Robby menjelaskan, tim anggaran eksekutif tengah melakukan rasionalisasi sesuai arahand ari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Papua. Sehingga diperkirakan pekan depan penyesuaian sudah selesai dikerjakan, sehingga nomor registrasi bisa dikeluarkan dan APBD-P sudah bisa direalisasi bagi kelanjutan pembangunan di Kabupaten Mimika. 

“Tidak ada ada kata ditolak di Jayapura, apalagi seluruhnya. Ada beberapa yang harus difinalisasi atau perbaikan, dan itu tim anggaran eksekutif Pemkab Mimika sudah melakukan rasionalisasi. Karena bertepatan dengan hari libur, sehingga kemungkinan minggu depan sudah dapat nomor registrasi untuk segera dilaksanakan APBD Perubahan kabupaten Mimika tahun anggaran 2020,”tegas Robby K Omaleng.

Robby juga menjelaskan, belanja daerah sudah capai Rp.3 Triliun lebih, sehingga sisa Rp.700 Juta Rupiah yang dikejar, direalisasi dalam APBD-P tahun anggaran 2020. Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi sudah melihat apa saja  yang perlu di rasionalisasi dalam APBD Perubahan Kabupaten Mimika. 

“Pada prinsipnya dari pihak propinsi sudah melihat dan mempelajari dan meminta tim anggaran kabupaten melakukan rasionalisasi, sebab APBD Perubahan itu sudah ditetapkan melalui mekanisme di DPRD. Dan ini hanya persoalan administrasi dan itu kewenangan tim anggaran eksekutif,”ungkap Robby

Kalaupun ada pandangan Fraksi yang memberikan pendapat dalam mekanisme di dewan,  itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi dokumen APBD Perubahan 2020 Kabupaten Mimika, sudah disetujui dan ditetapkan secara mekanisme.

“Kalau bisa sekali lagi saya mau tegaskan dalam evaluasi kemarin ke Jayapura, bukan ditolak namun ada perbaikan atau rasionalisasi yang urgent dan skala prioritas ini,” ungkap Robby.

Robby Omaleng menambahkan, adanya libur panjang menyebabkan molornya proses rasionalisasi APBD-P. Disampaikan Robby, hanya beberapa item yang perlu dilakukan penyesuaian, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama bagi Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Mimika untuk merampungkannya dan selanjutnya melalui persetujuan DPRD yang ditanda tangani oleh Ketua DPRD yakni dirinya sendiri.

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika