Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Rizal Patadan: Mimika Bisa Punya Spot Olahraga Rekreasi Baru

Bantaeng,TabukaNews.com - Dari Studi Banding Komisi B DPRD Mimika ke Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, didapati contoh penataan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang menjadi masalah klasik penyebab seringnya banjir di  Mimika.

Kepada awak media Jumat (18/6), Ketua Komisi B DPRD Mimika Rizal Patadan mengungkapkan penataan DAS dapat dilakukan mulai dari kompleks Eks Pasar Swadaya ke Pasar Sentral Timika. Menurutnya pemerintah melalui OPD teknis terkait bisa menata awal sepanjang daerah itu dibuat trotoar pejalan kaki yang tidak boleh dilintasi kendaraan, sambil daerah sepanjang 5 kilometer itu ditanami pepohonan dan bunga-bunga yang indah.

“Penataan DAS perlu diseriusi Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, agar mengatasi permasalah sampah dan banjir di Kota Timika. Saya berharap OPD pemerintah bisa menata 5 Kilometer DAS menjadi spot olahraga rekreasi,” katanya.

Menurutnya hal ini akan menarik perhatian warga Mimika sehingga warga yang biasa jogging sore di sekitar area bandara bisa beralih ke situ. Rizal optimis warga akan turut menjaga spot olahraga ringan itu dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Selain itu bila kawasan aliran sungai sudah bersih, bisa dijadikan spot memancing bagi warga,” ungkapnya.

Ide yang dituangkannya ini diharapkan bisa direspon pemerintah dalam rangka pembenahan daerah aliran sungai untuk mengurangi banjir dan sekaligus membangun keindahan areal dalam Kota Timika.

Rizal Patadan Ketua Komisi B DPRD Mimika asal Partai Golkar itu menambahkan, penataan daerah aliran sungai di Mimika dapat dilakukan dengan menata daerah itu menjadi kawasan eksklusif pejalan kaki sehingga bisa dijadisan spot olahraga dan hiburan sekaligus menyadarkan warga untuk turut bersama pemerintah mengatasi permasalah sampah yang berakibat banjir.

Penataan seperti ini, kata Rizal, juga sudah sempat dilakukan oleh Wakil Gubernur Papua Almarhum Klemen Tinal saat menjabat sebagai Bupati Mimika, yaitu di daerah SP 3.

Rizal berharap pemerintah dapat menjalankan usulan program yang diajukan DPRD Mimika hasil dari Program Studi Banding Komisi B Ke Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

Selain Ketua Rizal Patadan, turut hadir Wakil Ketua Komisi B, Herman Gafur, Sekretaris Komisi Tanzil Azharie, serta Legislator Komisi B Lainnya seperti : Aloisius Paerong, Ancelina Beanal, Anthon Pali, Karel Gwijangge, Mathius Yanengga, dan Merry Pongutan, serta staf Sekretariat DPRD lainnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika