Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Rilisse KONI Pengurus Cabor Di Timika Apresiasi Pelatihan BLS

 

TIMIKA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika menggelar pelatihan Basic Life Suport (BLS) untuk seluruh pengurus Cabang Olahraga (Cabor) yang bernaung dibawah KONI Mimika. Kegiatan BLS tersebut dilaksanakan di Hotel Horison, Sabtu (5/12)  lalu.

Ketua panitia kegiatan BLS, dr Nur Nissa Salim dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi lepada pengurus cabor di Mimika.

Kata dia, kegiatan tersebut sangat penting mengingat kerap terjadi kecelakaan pada saat pelaksanaan kegiatan olahraga. Sehingga untuk menanggapi keadaan kegawatdaruratan pengurus Cabor sudah dibekali dengan materi pertolong dasar.

"Kami melihat bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan, kami sangat bersyukur atas partisiapasi pengurus Cabor dalam mengikuti kegiatan hari ini,"ungkapnya.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan BLS tersebut ada tiga materi yang diberikan yakni, Penangan Cidera dan pemindahan korban, Pingsang dan Chocking serta Bantuan hidup dasar.

Para peserta yang hadir selin mendapatkan materi dilangsung dengan kegiatan prakter yang dipandu langsung oleh para pemateri serta dibantu sejumlah tenaga medis.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya dalam sambutan mengatakan apresiasi terhadap semua cabor yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kata dia, kegiatan BLS ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi dasar kepada pengurus cabor untuk bagaimana menyikapi apabila terjadi kecelakaan pada saat pelaksanaan kegiatan olahraga. Kegiatan ini dinilai perlu dilakukan. 

"Memang kelihatan kegiatan ini sangat sederhana tetapi apabila kita melihat jika terjadi kecelakaaan dilapangan tentunya kita akan panik. Akan tetapi dengan adanya basic  tentang pertolongan pertama maka paling tidak hal itu kita bisa atasi,"ungkapnya.

"Belakangan ini kita sering mendengar sejumlah kecelakaan yang menimpa sejumlah atlet diberbagai cabang olaharaga. Seperti olahraga sepeda dan olahraga sepakbola.  Bagiamana kita sigap menangapi kejadian yang terjadi disekitar kita,"tambahnya.

Ia mengatakan,  pengurus cabor olahraga perlu dibekali dengan pengetahuan dasar dalam melakukan pertolongan. Dan ini adalah bagian kita mempersiapakan diri dalam menyambut PON XX Papua tahun 2021 mendatang. 

"Mengingat PON ini ivent resmi pasti ada tim yang menangani. Akan tetapi apabila terjadi kecelakaan atau insiden diluar lapangan maka dengan pengetahuan yang sudah kita miliki bisa kita tangani," tegasnya.

Semebtara itu perwakilan dari Cabor yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Pengurus Cabor Perbasi Mimika, Wily Toron mengatakan mereka dari perbasi sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

"Saya sangat senang  dengan latar belakangan pendidikan yang berbeda.

Saya pertama kali ikut pelitahan ini. Ternyata kita bisa berpatisipasi menyelamatkan orang saat dalam keadaan darurat. Ini adalah hal penting yang kita orang cabor harus dapatkan,"ungkapnya.

Sementara itu Perwakilan dari cabor IPSI Mimika, Ajima Ode mengatakan, BLS ini adalah pelatihan dasar yang wajib diketahui oleh pengurus cabor. 

"Ilmu hari ini sangat luar biasa yang sangat kami butuhkan sebagai pengrus cabor. Kami bisa implementasikan materi hari ini tidak hanya untuk atlit tetapi untuk orang -orang disekitar kami juga. Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja. Kedepannya KONI masih bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi,"tukasnya.humas.

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika